- Kontributor
15 September 2022 0:0:0 166

Ketua FKUB Prov. Sulteng Prof. Dr. Zainal Abidin M.Ag: Ibadah Adalah Motivasi Utama Kerja

Ket:


Morowali Utara (Kemenag Sulteng),-Dihadiri para ASN di lingkungan Kementerian Agama Kab. Morowali Utara, baik pejabat eselon, Kepala KUA, Kepala Madrasah, Pengawas, Penghulu, Penyuluh PNS dan Non PNS, JFT dan JFU serta tenaga honorer lainnya, guru besar UIN Datokarama Palu sekaligus Ketua FKUB Sulawesi Tengah, Zainal Abidin memberikan materi pembinaan ASN, Kamis (15/09/2022).

Kepala Kantor Kementerian Agama, Abdul Mun’im, menyambut kedatangan Guru Besar UIN Datokarama tersebut. Ia berterima kasih karena telah memilih Kabupaten Morowali Utara sebagai salah satu wilayah kunjungan kerjanya sebagai Ketua FKUB Provinsi Sulawesi Tengah.

Di awal paparannya, Zainal Abidin menjelaskan bahwa motivasi adalah daya yang mendorong seseorang mau dan rela untuk mengerahkan dalam bentuk keahlian dan keterampilan serta tenaga dan waktu untuk menyelenggarakan kemampuannya dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.

Dijelaskannya, ada empat golongan ASN yakni Pertama, ASN yang mau tetapi tidak mampu. Tipe ini menurutnya adalah golongan ASN yang harus diberikan pelatihan. Kemudian golongan tidak mau tapi mampu. Tipe ketiga, ASN yang tidak mau dan tidak mampu. Tipe terakhir adalah golongan ASN yang punya kemauan dan punya kemampuan. Kelompok ASN ini menurutnya harus dijaga dengan baik dan diberikan reward.

Tambahnya, motivasi kerja bisa muncul dari ASN itu sendiri dan bisa juga dari pimpinan lembaga. Dan motivasi yang paling utama dalam bekerja adalah motivasi ibadah, imbuhnya.

“Motivasi kerja karena kekayaan akan menimbulkan kekacauan ketika kita tidak dapat mendapatkan keuntungan secara finansial. Motivasi kerja karena jabatan akan mengakibatkan ASN bisa terpukul jika hasil kerjanya tidak membuatnya naik jabatan.”

Karena itu, Zainal Abidin menganggap motivasi kerja karena ibadah akan membuat orang yakin bahwa Tuhan akan memberi penghargaan atas usaha sekecil apapun amal yang telah dilakukan.” Langkah dari rumah dan pulang ke rumah lagi, insya Allah akan dihitung ibadah. Setiap pekerjaan orang beriman adalah ibadah, pungkasnya.

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex