- Kontributor
9 April 2023 0:0:0 280

Kakankemenag Banggai Laut Safari Ramadhan Bersama Pemda.

Ket: Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut Riatman A. Nursin saat menyampaikan Tausiyah pada Safari Ramadhan bersama Pemda


Banggai Laut (Kemenag Sulteng) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut Riatman A. Nursin sampaikan Tausiyah pada hari terakhir Safari Ramadhan bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Laut, di Masjid besar Al-Iqra Desa Matanga, Kecamatan Banggai Selatan, Kamis (30/03/23)

Kegiatan Safari Ramadhan sebelumnya telah berlangsung di tiga lokasi yakni Kecamatan Banggai, Banggai Utara dan Banggai Tengah. Tim Safari Ramadhan dipimpin langsung oleh Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa, SH didampingi Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, Para Pimpinan OPD dan Kabag Kesra.

Dalam tausiyahnya, Kakankemenag mengatakan, setiap umat islam mendambakan kehidupan akhiraat yang penuh dengan nikmat surga. Ia juga mengungkapkan bahwa surga adalah alam akhiraat yang membahagiakan roh manusia yang hendak tinggal didalamnya.

"Artinya, keberadaan surga memang menjamin kehidupan siapapun yang tinggal di dalamnya untuk mendapat kebahagiaan yang kekal" ungkapnya

"Surga itu rindu kepada 4 golongan yakni orang yang membaca Al Quran, orang yang menjaga lisan, memberi makan kepada orang yang sedang kelaparan, dan orang yang berpuasa pada bulan Ramadhan" lanjut Kakankemenag mengutip hadist nabi yang diriwayatkan Ibnu Abbas RA.

Dari hadist tersebut, Kakankemenag menjelaskan golongan pertama yang dirindukan surga adalah orang yang gemar membaca Al-qur’an. hal ini dimaksud bagi orang yang bukan hanya gemar membaca Al-qur’an saat bulan Ramadhan tiba, tetapi benar-benar menghabiskan banyak waktunya untuk melantunkan ayat-ayat Allah.

"Kelompok ini selalu mengisi hidupnya dengan firman Allah, sehingga dalam kehidupannya pun kental dengan pedoman Al-quran yang otomatis menghindarkan ia dari segala hal buruk" ujarnya

Kedua. Orang yang selalu menjaga lisan. menurutnya, lisan adalah salah satu anggota tubuh yang merupakan nikmat tetapi juga dapat menjadi bumerang jika kita tidak dapat menjaganya.

"Mari kita selalu menjaga lisan kalau berbicara, jangan sampai menyakiti orang lain, apalagi di bulan puasa, sama halnya menjauhkan kita dari pintu surga ” imbuhnya

Ketiga. Memberi makan orang yang kelaparan."Inilah sebenarnya salah satu tujuan orang berpuasa. Yaitu peka terhadap penderitaan sesamanya,” tandasnya.

Sementara, golongan yang terakhir adalah orang yang berpuasa di bulan Ramadan. puasa di bulan Ramadhan merupakan rukun Islam yang berarti wajib dilaksanakan oleh seluruh umat muslim. Ibadah puasa tidak sekedar kewajiban, tetapi juga dapat mengantarkan kita untuk masuk dalam golongan yang dirindukan surga.

"Mudah-mudahan kita mampu memanfaatkan ramadhan tahun ini dengan sebaik mungkin sehingga kita termasuk menjadi golongan orang yang dirindukan oleh surga"pungkasnya. (MH)

 

 

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex