KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
Sapril, S.Pd Kontributor
4 Maret 2024 18:51:0 177

Asesmen Madrasah MAN Donggala diawali Ujian Praktek Mata Pelajaran Seni Budaya

Ket: Foto Bersama Kepala Madrasah, Guru Seni Budaya dan Siswa disela Ujian Praktek Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024 di halaman MAN Donggala


MAN Donggala (Kemenag Sulteng)- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Donggala mengawali Asesmen Madrasah dengan Praktek Mata Pelajaran Seni Budaya untuk siswa kelas XII Tahun Pelajaran 2023/2024. Kegiatan ini merupakan bagian standar kompetensi lulusan yang bertujuan untuk mengukur capaian praktek belajar dan hasil belajar siswa selama belajar di madrasah, (Senin, 4 Maret 2024)

Ujian Praktek Seni Budaya meliputi berbagai bidang tarian modern yang dikombinasikan dengan tarian dari setiap daerah seperti tarian Aceh, tarian penyambutan adat bugis, tarian Papua dan tarian ciri khas Nusantara. Setiap Siswa diberikan kesempatan untuk mengekspresikan diri mereka melalui karya-karya seni yang mereka hasilkan secara berkelompok. Sebanyak 59 siswa yang mengikuti ujian praktek yang terdiri dari kelas XII IPA, XII IPS 1 dan XII IPS II.

Kepala MAN Donggala, Dedi Hariyadi menegaskan bahwa pentingnya kegiatan praktek Asesmen Madrasah dilakukan sebagai salah satu persyaratan kelulusan dan berharap kepada seluruh siswa kelas XII dapat mengikutinya sesuai jadwal yang sudah disusun oleh Panitia Asesmen Madrasah. 

“Berdasarkan SK Dirjen Pendis Nomor 723 Tahun 2024 Tentang Standar Operasional Prosedur (SOP)  Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024, dilaksanakan dengan 2 jenis yaitu Ujian Praktek dan Ujian tertulis. Ujian Praktek MAN Donggala dimulai tanggal 4 Maret s/d 9 Maret 2024, Ujian tertulis dimulai tanggal 13 Maret s/d 21 Maret 2024 dengan menggunakan Android,” ungkapnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakamad Bidang Kurikulum, Tenaga Pendidik dan Kependidikan MAN Donggala dan melakukan penilaian terhadap penampilan siswa yang meliputi aspek ekspresi, kesesuaian dengan tema, penampilan serta orisinalitas gerakan. 

Hasil penilaian Asesmen Madrasah tersebut akan menjadi referensi guru dalam menentukan kelulusan, dengan harapan dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya cerdas secara akademis, akan tetapi memiliki jiwa seni yang kreatif, inovatif dan berdaya saing dimasa yang akan datang.  

 

 

 

 

 

 

Tags terkait: MAN DONGGALA
Editor: HUMAS Ahsan
Fotografer: NUKMAN
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex