iis sugianti Kontributor
3 Februari 2024 20:40:0 209

Kakankemenag Bangkep Bina Majelis Ta'lim Dusun Sampe Konan

Ket: Kakankemenag Bangkep Serahkan Subangan Berupa Mushaf Al-Quran


 

Peling Tengah (Kemenag Sulteng) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Suardi Kandjai, menggelar kegiatan pembinaan bagi Majelis Ta'lim Hubul Wathan di Desa Labibi, Dusun Sampe Konan, Kecamatan Peling Tengah pada hari Sabtu, 3 Februari 2024. Dalam sambutannya, Kakankemenag menyampaikan pesan-pesan penting yang menginspirasi persiapan menyambut bulan suci Ramadan.

"Hari ini kita telah berada di bulan Rajab, dimana Rasulullah menyampaikan, bulan Rajab adalah bulanku, bulan Sya'ban adalah bulannya Allah, sedangkan bulan Ramadhan adalah bulan umatku. Bahkan dalam hadis lain menyatakan pentingnya bulan Rajab untuk mensucikan tubuh, bulan Sya'ban untuk mensucikan hati, dan bulan Ramadhan untuk mensucikan rohani." Tutur suardi.

Pernyataan ini mencerminkan makna penting yang diberikan oleh Rasulullah SAW terhadap bulan-bulan yang berbeda dalam kalender Islam. Dimana dalam Islam, bulan Rajab dianggap sebagai salah satu bulan yang mulia. Meskipun tidak ada ibadah khusus yang disunnahkan dalam bulan ini, beberapa hadis menunjukkan bahwa Rasulullah SAW melaksanakan ibadah puasa di bulan Rajab. Beberapa umat Islam juga melakukan doa dan istighfar lebih intensif sebagai bentuk persiapan menyambut bulan-bulan suci berikutnya. Sedangkan di bulan Sya'ban adalah waktu di mana umat Islam diminta untuk lebih meningkatkan ibadah, doa, dan amalan kebaikan. Pada bulan ini, Rasulullah SAW juga dikenal melakukan puasa sunnah lebih banyak sebagai persiapan menyambut bulan Ramadan. Dan bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah di mana umat Islam menjalankan ibadah puasa sebagai salah satu rukun Islam. Rasulullah SAW memberikan petunjuk dan tuntunan untuk umatnya agar mempersiapkan diri secara rohani dan fisik untuk menyambut bulan yang penuh keberkahan ini.

"Maka marilah mempersiapkan seluruh perbekalan itu sebelum datangnya bulan Ramadhan, agar kita setelah Ramadhan dapat meraih predikat 'la'allakum tattakun'," serunya.

Setelah pembinaan, kakankemenag bersama Dharma Wanita dan Majelis Ta'lim Wasatiah memberikan sumbangan berupa 90 mushaf Alqur'an dan bola mainan untuk Taman Pendidikan Alqur'an (TPQ) Dusun Sampe Konan. Pimpinan Majelis menyambut dengan gembira atas bantuan tersebut dan bantuan tersebut akan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bulan Ramadan dan setelahnya.

Turut hadir dalam kegiatan pembinaan ini beberapa pejabat penting, antara lain Kasi Bimas Islam, Kepala KUA Kecamatan Peling Tengah, KUA Kecamatan Liang, serta staf dan penyuluh Agama, PJ Kepala Desa, Kepala Dusun, Imam Desa, tokoh masyarakat setempat, dan seluruh anggota majelis ta'lim Dusun Sampe Konan.

 

 

 

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: Bimas Islam
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex