- Kontributor
16 Maret 2023 0:0:0 104

Rakornas GPdI, Wamenag : Mari Pelihara dan Rawat Kerukunan Umat Beragama

Ket:


Palu (Kemenag Sulteng) – Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa’adi mengajak masyarakat untuk memelihara dan merawat relasi sosial sehingga perdamaian, kerukunan dan keamanan dalam masyarakat tetap terjaga, masyarakat yang damai dan saling peduli merupakan kondisi yang diperlukan untuk membangun solidaritas, keadilan, kesejahteraan dan persaudaraan.

Hal ini disampaikan Wamenag saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Diakonia Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) yang dilaksanakan  di Gedung Pogombo Kantor Gubernur Sulteng di Palu, Rabu, 15/3/2023

Wamenag mengingatkan bahwa bagi bangsa Indonesia seharusnya perbedaan bukanlah sebuah alasan untuk kita berseteru dan untuk tidak bersatu.

Sejak jaman kemerdekaan tidak ada diskriminasi atas dasar agama dan keyakinan bahkan semua perbedaan itu sebagai perekat rasa persaudaraan dalam mewujudkan negeri yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur, ungkap Zainut Tauhid.

Wamenag menegaskan bahwa sinergi antar pemerintah dan masyarakat adalah sebuah keniscayaan, peran gereja sangat strategis posisinya dalam pembangunan bidang agama, sosial, pendidikan, kesehatan dan pengembangan masyarakat.

Dalam perjalanan sejarah bangsa, gereja berperan besar dalam pembangunan diberbagai bidang, tentu hal ini merupakan bagian kontribusi besar masyarakat kepada bangsa Indonesia. GPdI yang bersentuhan langsung dengan masyarakat kehadirannya sangat berpengaruh dalam kehidupan bangsa dan Negara, sambung Zainut Tauhid.

Wamenag mengajak Gereja untuk melibatkan diri secara intens dalam mendukung program kerukunan umat beragama, karena faktor kerukunan adalah syarat utama untuk menjaga keberagaman agar tetap rukun, damai dan harmonis.

Hadir mendampingi Wamenag, Kakanwil Kemenag Sulteng, Ketua DPRD Sulteng, pejabat yang mewakili Gubernur, Walikota Palu, Ketua Panitia Rakor Diakonia GPdI serta Kabid Bimas Kriaten Kanwil Kemenag Sulteng.

Rakornas ini mengusung tema “Menjadi Jemaat GPdI Berkarakter Kristus dan Berdampak Bagi Dunia.” Kegiatan ini diikuti oleh Departemen Diakonia Majelis Pusat dan Biro Biro Diakonia Majelis Daerah GPdI se Indonesia yang dilaksanakan dari tanggal 15 s.d. 17 Maret 2023 di Palu.

Tags: -

Editor: Zidiarman
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex