- Kontributor
28 Mei 2022 0:0:0 597

Dua Siswa MAN IC Kota Palu Lolos Pada Kegiatan PIRN di NTB

Ket:


Palu (MAN IC Kota Palu), Dua Siswa Siswi MAN Insan Cendekia Kota Palu lolos pada pegelaran akbar Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) 2022 di Nusa Tenggara Barat (NTB), kedua siswa tersebut atas nama Fajrul Falaq siswa kelas XI IPA dan Najwa Zahiyah Siswi kelas X IPS. (27/5). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Sebelumnya kedua siswa tersebut telah mengikuti tahapan seleksi secara ketat, serta mempersiapkan naskah hasil risetnya untuk di Prosentasikan pada kegiatan itu. sebanyak 400 siswa siswi dan inovator di seluruh indonesia yang dinyatakan lolos akan mengikuti perhelatan akbar ini.

Sebanyak 10 MAN IC yang turut serta pada Perhelatan Akbar Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) adalah MAN IC Kota Palu, MAN IC Gorontalo, MAN IC Gowa, MAN IC Bangka Tengah, dan MAN IC Siak, MAN IC Bengkulu Tengah, MAN IC Lombok Timur, MAN IC Aceh Timur, MAN IC Tapanuli dan sebanyak 103 SMP/MTs - SMA/MA Negeri maupun Swasta Se-Indonesia.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden Republik Indonesia melalui menteri yang membidangi urusan pemerintahan di bidang riset dan teknologi. Lembaga ini pertama kali dibentuk oleh Presideni Joko Widodo melalui Peraturan Presiden Nomor 74 Tahun 2019 yang melekat kepada Kementerian Riset dan Teknolog(Kemenristek) sehingga Menteri Riset dan Teknologi juga bertindak sebagai Kepala BIRN. Saat ini, BRIN memiliki Ketua Dewan Pengarah dari BPIP yaitu Megawati Sukarno Putri

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Sumber Daya Manusia Ilmu Pengetahuan dan Tekonlogi BRIN, Edy Giri Rachman Putra menjelaskan, kegiatan ini akan mendatangkan putra-putri yang ahli dalam riset dan inovasi dari berbagai daerah di Indonesia. Target peserta PIRN ini adalah pelajar SMP-MTs-SMA-MA, Guru SMP-MTs-SMA-MA, mahasiswa, dan periset. Sedangkan output dari kegiatan PIRN ini adalah berupa gagasan penelitian, kajian dan laporan riset inovasi, idea concept paper dan peningkatan budaya riset inovasi.’Kita harapkan acara ini bisa menyelesaikan potensi permasalahan yang ada. Kita lihat teknologi apa yang bisa dipakai untuk menyelesaikan permasalahan tersebut,’’ tutur Edy.

WKM Humas MAN IC Kota Palu, Moh. Sidik yang juga sebagai Pendamping Pembimbing riset pada pagelaran ini menjelaskan bahwa keikut sertaan siswa-siswi kita tidak terlepas dari keaktifan mereka mengikuti kegiatan riset dan inovasi secara berjenjang, baik jenjang Kota, Provinsi, Nasional maupun Internasional, sehinga nama MAN IC Kota Palu telah tergabung sebagai Madrasah peserta PIRN di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

“Kita berharap agar kedepannya Madrasah yang ada di Kota Palu dan Sulawesi Tengah pada umumnya, bisa tergabung dalam kegiatan PIRN ini, sehingga inovasi dan kreatifitas Siswa-siswi madrasah bisa muncul serta dapat bersaing dengan madrasah-madrasah yang ada di pulau jawa, tentunya secara intens mengikuti event secara berjenjang mulai di Tingkat Kota, Provinsi, Nasional hingga Internasional” tutur Sidik.

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex