KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
1 Oktober 2023 0:0:0 5770

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai Pembentuk Akhlak Siswa

Ket: Ceramah Agama oleh Ust. Samsul Lawenga, S.Ag


Poso (MAN 1 POSO),- Jum'at 29 September 2023, Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan sarana bagi warga Madrasah untuk merayakan kelahiran Nabi Agung pembawa pesan Allah SWT.  Madrasah Aliyah Negeri 1 Poso sejak pukul 07.00 Wita , kepala Madrasah, dewan guru, siswa dan siswa telah bersiap menghadapi acara Maulid Nabi Muhammad SAW. Tepatnya pukul 13.30 Wita acara dimulai telah di hadiri oleh tamu undangan dalam menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di masjid sekolah, Prosesi kegiatan diawali dengan lantunan bacaan sholawat diiringi rebana oleh sejumlah siswa.

 

Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Poso Warda, S.Ag, mengatakan kegiatan untuk membentuk karakter religius bagi siswa ini, saya berharap kalian para siswa bisa meneladani akhlak dari Baginda Rasulullah. Kalian harus menjadi siswa yang mempunyai akhlak yang baik sebagaimana yang telah dicontohkan beliau Baginda Rasulullah. Dalam kesempatan tersebut, dirinya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh dewan guru yang telah mensukseskan acara ini mulai dari beberapa hari sebelumnya yakni pelaksaan lomba Tartil, Tilawah dan juga Ceramah.

Kegiatan yang di laksanakan setiap tahun ini memang bukan merupakan sebuah kewajiban dalam ibadah. Namun perayaan Maulid merupakan bentuk kebahagiaan atas datangnya sang penolong, pembawa kabar gembira dan peringatan, Rasulullah Muhammad SAW yang pada senin 12 Rabi’ul Awal telah lahir ke dunia. Harapan dari terlaksananya peringatan maulid Nabi Muhammad SAW adalah menyatukan warga sekolah dengan iman dan kebahagiaan lahirnya sang panutan, Rasulullah Muhammad SAW, ujarnya.

Acara memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW ini bertemakan  “Jadikan Akhlak Nabi Sebagai Landasan Ahklak Generasi Masa Kini” yang dikuatkan dengan cerama agama oleh bapak Ust. Samsul Lawenga, S.Ag, yang terus menerus mengingatkan bagaimana  akhlak teladan Nabi Muhammad SAW.

Demi meningkatkan ketakwaan siswa dan siswi madrasah serta meningkatkan nilai religius dua hari sebelumnya Organisasi Intra Madrasah (OSIM ), Lembaga Dakwah Madrasah (LDM) dan Organisasi lainnya juga mengadakan beberapa lomba yakni Tartil, Azan & Ceramah yang di harapkan agar siswa siswi madrasah kelak akan mampu membawakan nilai-nilai keagamaan bagi dirinya keluarga serta masyarakat pada umumnya.

Setelah selesai penyampaian ceramah atau hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW kegiatan ini di akhiri dengan pembacaan dan pembagian hadiah hasil lomba di beberapa hari sebelumnya dan pembagian hadiah diberikan oleh Kepala Madrasah, Tamu undangan dan juga dewan guru. (Humas MAN 1 Poso)

 

 

Tags terkait: -
Editor: HUMAS Ahsan
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex