- Kontributor
11 Oktober 2022 0:0:0 111

Kemenag Dukung Program BAZNAS Melalui Rencana Pembentukan UPZ

Ket: Plh. Kakanwil pada Rakorda BAZNAS Sulteng di salah satu Hotel di Palu, Selasa (11/10/2022).


Palu (Kemenag Sulteng) – Pelaksana harian (Plh.) Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Makmur Muhammad Arief menghadiri Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Sulteng di salah satu Hotel di Palu, Selasa (11/10/2022).

Makmur mengatakan bahwa terdapat 12 risalah yang disepakati sebagai hasil dari pelaksanaan Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) yang sebelumnya telah dilaksanakan BAZNAS di Jakarta.

“Salah satu risalah yang berkaitan dengan tugas dan fungsi Kemenag khususnya di bidang agama yaitu mendorong pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BAZNAS di setiap Kantor Urusan Agama (KUA) serta penguatan peran Penyuluh agama untuk sosialisasi dan edukasi zakat,” ungkapnya.

Kepala Bagian Tata Usaha Kemenag Sulteng ini menegaskan Kemenag memiliki 163 KUA yang tersebar di seluruh Kecamatan se-Sulteng. Jika dikaitkan dengan salah satu program prioritas Kemenag yaitu revitalisasi KUA, maka hal ini menjadi potensi penguatan dalam membangun UPZ di tengah-tengah masyarakat. Ia berharap ke depan dapat dibentuk program kerja sama antar Kemenag dan BAZNAS yang terstruktur mulai dari skala pusat hingga ke daerah dalam memaksimalkan UPZ.

“Peran Penghulu dan Penyuluh sebagai ujung tombak Kemenag yang langsung bersentuhan dengan masyarakat juga akan semakin diberdayakan dalam mendukung hal ini. Peningkatan literasi masyarakat juga harus dilakukan guna mengakselerasi pengumpulan zakat. Semoga kita bisa kerja bersama membangun sebuah terobosan dalam pemberdayaan ekonomi umat menuju ke arah yang lebih baik sehingga dapat mendongkrak angka pengumpulan zakat,” tandas Makmur.

Sebelumnya Ketua BAZNAS Sulteng Dahlia Syuaib menjelaskan bahwa peserta Rakorda berjumlah 60 orang terdiri dari pimpinan BAZNAS Sulteng dan pimpinan BAZNAS Kabupaten/Kota, perwakilan Lembaga Amil Zakat (LAZ) lainnya di Sulteng, serta amil dari Kabupaten/Kota.

“Kami berharap pelaksanaan kegiatan ini dapat merumuskan solusi serta langkah-langkah strategis dalam menguatkan kelembagaan serta pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah di Sulteng,” pungkas Dahlia. (Mon)

Tags: -

Editor: Humas Monica
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex