- Kontributor
19 Agustus 2022 0:0:0 72

Man Tolitoli Gelar Sosialisasi Assesment Nasional Berbasis Komputer

Ket:


Tolitoli (MAN Tolitoli),- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tolitoli menyelenggarakan sosialisasi kepada siswa peserta ANBK (Assesment Nasional Berbasis Komputer) di aula Madrasah, Jumat 19/8/2022. Kegiatan dimulai pukul 08.30 wib dengan pembawah acara Dian.

Waka kurikulum Ahmad Sunaedi, menyampaikan untuk siswa akan dilaksanakan mulai tanggal 29 Agustus dan 1 September 2022 mendatang, Pelaksanaan ANBK dilaksanakan untuk mengukur literasi membaca dan literasi numerik, survey karakter dan survey lingkungan belajar.

Olehnya, melalui kegiatan asesmen ini akan menghasilkan potret komprehensif yang berguna bagi madrasah untuk melakukan evaluasi diri dan perencanaan perbaikan mutu pendidikan di MAN Tolitoli, tuturnya.

Sementara itu, Kepala Madrasah Aliyah Negeri Tolitoli, Muhammad AY Rumi, menjelaskan ANBK bertujuan untuk peroleh informasi tentang pemetaan kompetensi siswa di suatu sekolah diantaranya kemampuan literasi membaca dan literasi matematika dalam hal ini numerasi.

Lebih lanjut dia mengatakan salah satu instrumen penilaian dari ANBK adalah survey karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa. Untuk itu ada 4 karakter minimal yang harus dimiliki siswa MAN Tolitoli yaitu Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Sosial, jelasnya.

Termasuk sikap, karakter siswa, Karena filosofi pendidikan adalah memanusiakan manusia. Sehingga setinggi apapun IQ kita, maka harus diimbangi dengan Kecerdasan Emosional, kecerdasan Spiritual dan kecerdasan Sosial. Hasil ANBK ini tidak menjadi pembanding degan sekolah lain dan bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran keseluruhan di sekolah/madrasah yang menjadi tempat siswa belajar, ujarnya.

(Tutupnya).

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex