- Kontributor
7 Oktober 2021 0:0:0 146

MTsN 2 Kota Palu Laksanakan Asesmen Nasional

Ket: Monitoring Kepala Kantor Kemenag Kota Palu Pada Pelaksanaan ANBK dan PTMT di MTsN 2 Kota Palu bersama Kasi Pendis Kemenag Kota Palu didampingi oleh Kepala MTsN 2 Kota Palu, H. Muh. Syamsu Nursi, S.Pd.I., MM


Palu (Humas MTsN 2 Kota Palu) kebijakan pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) adalah program evaluasi yang bertujuan meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Asesmen Nasional terdiri dari tiga instrumen, yaitu: (1) Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) peserta didik, (2) Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter peserta didik. Dan (3) Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Adapun bentuk soal AN terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat serta uraian.
 

Sesuai POS Asesmen Nasional, jadwal pelaksanaan AN untuk tingkat SMP/MTs dilaksanakan dalam dua gelombang dimulai dari tanggal 4 Oktober s/d 7 Oktober 2021 untuk masing-masing gelombang dilaksanakan selama dua hari. Pelaksanaan AN di MTsN 2 Kota Palu menggunkan moda Full Online dengan jumlah peserta sebanyak 45 siswa dan 5 peserta cadangan, serta terbagi dalam dua ruang dan dua sesi.
 

Pada hari pertama pelaksanaan Asesmen Nasional ini, Kepala Kantor Kemenag Kota Palu, H. Nasruddin L. Midu, melakukan monitoring pelaksanakan ANBK di MTsN 2 Kota Palu sekaligus memantau Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) bersama Kepala Seksi Pendidikan Islam Kemenag Kota Palu, Hj. Nurlaili (Rabu, 6/10/2021).

Monitoring ini disambut baik oleh Kepala Madrasah, H. Muh. Syamsu Nursi, bersama guru dan tenaga pendidik lainnya. Untuk pelaksanaan PTMT ini sudah memasuki hari ketiga. hal ini dilakukan untuk memastikan pelaksanaan ANBK dan PTMT berjalan baik dan lancar sekaligus mengingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat, di mana setiap anak wajib mencuci tangan, menggunakan masker serta menjaga jarak.
 

Pada kesempatan ini juga setelah pelaksanaan ANBK, kepala madrasah bersama seluruh guru dan tenaga kependikan mengikuti pengisian survei lingkugan belajar. Alhamdulillah pelaksanaannya berjalan dengan baik dan lancar. (Naif Abdun)
 

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex