- Kontributor
30 Oktober 2023 0:0:0 207

Kota Palu Juara Umum Pentas PAI Sulteng 2023

Ket: Kabid Pakis, Nurlaili, menyerahkan piala kepada salah satu siswa pemenang pentas PAI pada acara penutupan di Aula MAN 2 Palu, Ahad (29/10/2023).


Palu (Kemenag Sulteng) - Kota Palu berhasil meraih juara umum dalam Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) tingkat Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) tahun 2023. Pengumuman pemenang dilakukan pada acara malam penutupan yang digelar di Aula MAN 2 Palu, Ahad (29/10/2023).

Pentas PAI merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) setiap dua tahun sekali melalui Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis). Kegiatan ini bertujuan sebagai wahana kompetisi dalam mengaktualisasikan dan menumbuhkembangkan minat serta bakat peserta didik dari jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK.

Sembilan kategori yang dilombakan dalam Pentas PAI adalah Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah Hifdzil Qur’an, Lomba Pidato PAI, Lomba Kaligrafi Islami, Lomba Cerdas Cermat PAI, Lomba Debat PAI, Lomba Seni Nasyid PAI, Lomba Kreasi Busana, dan Lomba Cerpen Cerita Islami.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulteng, Muchlis, mengatakan bahwa Pentas PAI merupakan upaya untuk menginternalisasikan nilai-nilai PAI dalam kehidupan sosial sejak dini. “PAI di sekolah bukan hanya secara teoritis dipelajari di kelas akan tetapi diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan kehidupan sosial di masyarakat,” tegasnya.

Muchlis juga menekankan pentingnya memberikan pengalaman pendidikan yang berorientasi nilai-nilai spiritual kepada peserta didik. “Menyesuaikan dengan perkembangan jaman sekarang, peserta didik perlu diberikan pengalaman pendidikan yang berorientasi nilai-nilai spiritual sebagai bekal dan dasar membentengi diri dari pengaruh perkembangan teknologi yang tidak diinginkan. Pentas PAI yang memberikan pengalaman nyata terhadap peserta didik diharapkan dapat menjadi filter pengaruh lajunya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujarnya.

Pentas PAI Sulteng 2023 ditutup oleh Kepala Dinas Pendidikan Sulteng yang diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan Sulteng, Asrul Achmad.

“Dinas Pendidikan Sulteng mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini dan siap berkolaborasi serta memberikan dukungan ke depannya untuk menyukseskan pelaksanaan agenda kegiatan berikutnya,” ucap Asrul.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pakis Kemenag Sulteng, Nurlaili, memaparkan bahwa seluruh pemenang nantinya akan mewakili Sulteng di tingkat nasional. “Semoga kegiatan ini menjadi ajang berprestasi dan bermartabat yang bisa menghasilkan generasi Islami cerdas, beriman, bertakwa sesuai nilai-nilai Islam Rahmatan Lil’ Alamin,” pungkas Nurlaili.

Editor: Humas Monica
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex