man2kotapalu Nihayati Rugaiyah Kontributor
31 Agustus 2024 14:46:0 72

MAN 2 Kota Palu Raih Terbaik 3 Nasional Output Advokasi Moderasi Beragama

Ket: Video Konten Media Sosial Output Advokasi Moderasi Beragama "Budayaku Bukan Candaanmu" karya Guru & Siswa MAN 2 Kota Palu raih Juara Terbaik 3 Tingkat Nasional


 

MAN 2 Kota Palu (Kemenag Sulteng) – Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu  berhasil meraih peringkat terbaik 3 dalam finalisasi penilaian output kegiatan Advokasi Moderasi Beragama di Madrasah dan Sekolah Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Balai Penelitian dan Pengembangan Agama (BLA) Makassar. Presentasi akhir dan pengumuman pemenang digelar di salah satu hotel berbintang di Makassar pada Minggu, 25/08.  

Advokasi dalam konteks Moderasi Beragama merupakan suatu upaya strategis dan terencana untuk merumuskan komitmen bersama dalam pengimplementasian moderasi beragama. Madrasah dan SMA sebagai institusi pendidikan memiliki peran penting dalam pembentukan karakter dan sikap toleransi generasi muda. Melalui advokasi ini generasi Z diharapkan dapat menginspirasi dan memberdayakan diri menjadi agen perubahan yang mampu mempromosikan toleransi dan kerukunan antar umat beragama di masyarakat.

Kegiatan Advokasi Moderasi Beragama dilaksanakan pada 30 April 2024 di MAN 2 Kota Palu dan menghasilkan 3 output dalam bentuk konten media sosial. Pada finalisasi penilaian seluruh output advokasi, salah satu output dalam bentuk konten media sosial MAN 2 Kota Palu berhasil masuk dalam 12 output terbaik.

Terpilih sebagai Juara Terbaik 3, dari 4 indikator moderasi beragama, video karya Moh. Rifaldi – Guru Pendamping dan melibatkan 6 siswa sebagai talent, mengusung indikator ke-4 yaitu penghargaan terhadap tradisi. Video konten sosial tersebut berjudul, Budayaku Bukan Candaanmu, mengangkat unsur budaya lokal masalora, pamali, dan mapatabe-tabe.  Presentasi output ini disampaikan oleh Fairuz Permana, siswa MAN 2 Kota Palu yang didampingi oleh guru pendamping, Moh. Rifaldi.

Kepala MAN 2 Kota Palu, Muh. Syamsu Nursi, S.Pd, M.Pd secara terpisah menyampaikan apresiasi atas prestasi yang dicapai oleh guru dan siswa di madrasahnya.

“Alhamdulillah, kami merasa bangga dan sangat bersyukur atas prestasi yang gtelah diraih. Dari hanya 2 institusi pendidikan yang mewakili Provinsi Sulawesi Tengah, MAN 2 Kota Palu mampu menghadirkan karya terbaiknya di tingkat Nasional. Hasil ini membawa kegembiraan besar bagi madrasah, karena melalui output tersebut, nilai-nilai kerukunan dan sikap adaptif terhadap tradisi dapat tercermin dengan baik.”

“Dan tentunya kami berharap, output terbaik dari seluruh siswa MAN 2 Kota Palu adalah dalam bentuk rasa tanggung jawab dan menjadi pelopor, menyatukan perbedaan dan membangun moderasi beragama,” ungkap Syamsu.

 

(nee.r)

Editor: -
Fotografer: man2kotapalu Nihayati Rugaiyah
Tags: Prestasi
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex