- Kontributor
7 Agustus 2022 0:0:0 107

Jemaah Haji Kloter BPN-3 Tiba di Palu

Ket: Jemaah Haji asal Kota Palu turun dari Bus saat tiba di Asrama Haji transit Palu (Ahad, 7 Agustus 2022)


Palu (Kemenag Sulteng) - Warga Kota Palu cukup antusias menyambut rombongan jemaah haji, hal itu terlihat saat tiba di bandara hingga di tepi jalanan banyak warga yang berdiri melihat rombongan Kami saat perjalanan dari bandara Mutiara Sis Aljufri menuju Asrama Haji Transit Palu.


Hal ini dituturkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah mengawali sambutannya pada Penerimaan Jemaah Haji Sulteng, Ahad 7 Agustus 2022. 

 


"Saya ikut menjemput di Balikpapan bersama jemaah di pesawat Sriwijaya, Alhamdulillah sekembali dari tanah suci, jemaah ini turut mendoakan jajaran pemerintah Sulteng agar Provinsi Sulawesi Tengah dalam keberkahan dari Allah SWT," harapnya.


Kakanwil memaparkan 912 jemaah haji termasuk 11 orang petugas kloter dan Petugas haji daerah, pulang ke tanah air mulai tanggal 7 Agustus 2022 menggunakan pesawat carter full. Sehingga barang-barang jemaah haji berupa air zam zam, tas, dan koper jemaah dapat diatur oleh penerbangan, dan lebih cepat berada diterima para jemaah. 


Kedatangan jemaah haji Kloter BPN-3 (Ahad, 7/8/2022) terdiri atas jemaah asal Kota Palu, Kab Banggai, Kab Banggai Kepulauan, Kab Banggai Laut, Kab Morowali, dan Kab Morowali Utara. Namun, jemaah Haji asal Kab Banggai, Banggai Kepulauan, dan Banggai Laut, setelah tiba di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri langsung menunggu pemberangkatan pesawat menuju Bandara Syukuran Aminuddin Amin di Luwuk,  sehingga telah diserahterimakan di Bandara dari PPIH Provinsi Ke PPIH Kabupaten Banggai (Luwuk). 


Kedatangan jemaah haji Trip 1 Kota Palu, disambut dengan salaman dan pelukan dari para petugas PPIH Sulteng. Pakaian yang dikenakan pun cukup khas dan menarik perhatian. Hampir seluruh jemaah perempuan mengenakan pakaian terusan berwarna dengan penutup kepala senada maupun kontras. Ini bukan hal baru, namun sudah menjadi tradisi bagi suku Bugis yang berdomisili di Kota Palu.

 

 

Berbeda dengan Trip 1, Trip 2 jemaah haji asal Morowali dan Morowali Utara tiba di asrama dengan pakaian putih dan batik haji berwarna hijau toska. Rombongan ini menginap satu malam di Kota Palu menunggu pemberangkatan/penerbangan esok hari menuju daerah asal. Kepala Bidang Kesra Pemerintah Kabupaten masing-masing menerima jemaah haji dari PPIH Sulteng yakni 35 orang jemaah Morowali dan 27 orang jemaah asal Morowali Utara.

Kedatangan jemaah haji Kloter asal Sulteng, akan berlanjut pada tanggal 9 untuk Kloter BPN-4, dan 10 Agustus 2022 untuk Kloter BPN-5, yang terbagi pula dalam dua Trip penerbangan. Trip 1 dijadwalkan tiba pada pukul 07:00 dan Trip 2 pada pukul 10:30. Kloter BPN-4 merupakan jemaah haji asal Parigi Moutong, Sigi dan Poso dengan jumlah 360 orang. Sedangkan Kloter BPN-5 adalah jemaah asal Tolitoli, Buol dan Tojo Una-Una. 

 

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex