- Kontributor
31 Oktober 2022 0:0:0 119

Dialog Religi Tematik, Kakankemenag Kota Palu Paparkan Bukti Kekuasaan Allah SWT

Ket: Kakankemenag Kota Palu, Dr. H. Nasruddin L. Midu, M.Ag, saat menjadi narasumber pada acara dialog religi interaktif di LPP-RRI Palu


Palu (Kemenag Sulteng) – Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Palu menyelenggarakan dialog religi interaktif kajian tematik, dengan tema “Bukti-bukti Kekuasaan Allah swt”. Kali ini menghadirkan narasumber, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu, Dr. H. Nasruddin L. Midu M.Ag. dengan presenter Wa Ode Rina Mustika di LPP-RRI Palu, Senin (31/10/2022)

Kakankemenag Kota Palu, H. Nasruddin L. Midu mengutip ayat Al Quran, Bagaimana kamu ingkar kepada Allah, padahal kamu tadinya mati, lalu dia menghidupkan kamu, kemudian dia mematikan kamu, lalu dia menghidupkan kamu Kembali, kemudian kepadanyalah kamu dikembalikan (QS. Al Baqarah:28).

“Diungkapkannya, bahwa Rujukan ayat inilah sesungguhnya seluruh alam semesta ini baik langit, bumi, planet, bintang, hewan, pepohonan, daratan, lautan, malaikat, jin, dan manusia, semuanya tunduk dan patuh kepada Allah SWT,” ungkapnya.

Menurutnya, seluruh benda alam semesta ini tunduk kepada Allah, patuh kepada kekuasann-Nya, serta berjalan menurut kehendak dan perintah-Nya. Tidak satupun makhluk yang mengingkari-Nya. Semua menjalankan tugas dan perannya masing-masing serta berjalan menurut aturan yang sangat sempurna.

“Langit dan bumi, dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya,” ucap Nasruddin.

Selain itu, Dia menyebut, setiap orang yang berakal, jika merenungkan makhluk-makhluk Allah, maka ia akan tahu bahwa semua itu diciptakan dengan hak dan untuk yang hak. “Bahwa ia diatur dan tidak ada pengaturan yang keluar dari aturan Penciptanya. Semua meyakini Sang Pencipta dengan fitrahnya,” ujarnya.

Nasruddin, mengungkapkan ketundukan seorang hamba secara ikhlas mengandung makna bahwa seluruh makhluk wajib beribadah kepada-Nya dengan penghambaan yang suci, tidak peduli apakah ia mengakui-Nya atau mengingkari-Nya. Mereka semua tunduk dan diatur, patuh dan pasrah kepada Allah swt.

“Seorang mukmin tunduk kepada perintah Allah secara ridha dan ikhlas. Begitu pula ketika mendapatkan cobaan, ia sabar menerimanya, ia tunduk dan patuh, ikhlas menerima ketentuan Allah,” jelasnya.

Sementara itu, bukti kekuasaan Allah swt, bahwa tidak ada satupun dari makhluk ini yang keluar dari kehendak, takdir, dan qadha’-Nya. Tidak ada daya dan upaya kecuali dengan izin Allah. “Dia adalah Pencipta, Penguasa, dan Pemilik alam semesta. Dia bebas berbuat terhadap ciptaan-Nya sesuai dengan kehendak-Nya,” pungkas Nasruddin.

Penulis Kasman

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex