- Kontributor
4 September 2023 0:0:0 218

Program Pika Pika Membawa Kelas XI Agama C Raih Juara Terbaik Lomba Kebersihan di MAN Biau

Ket: Kepala MAN Biau dan Ketua Pokjawas Kemenag Buol saat Menyerahkan hadiah Lomba kebersihan Antar Kelas .


MAN Biau (Kemenag Sulteng) – Kelas XI Agama C menjadi juara terbaik dalam Lomba Kebersihan dan Keindahan Antar Kelas yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 78.  Hasil lomba ini diumumkan oleh Ketua Tim Penilai sesaat setelah Upacara Bendera pagi tadi, Senin (4/9/2023).  Tampil menyerahkan hadiah Ketua Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Ruhuddin dan Kepala MAN Biau Salman Dj Adjud.

Ruhuddin berpesan agar siswa yang kelasnya terpilih sebagai pemenang 1,2 dan 3 jangan cepat berpuas hati setelah menerima hadiah, namun diharapkan agar mereka terus meningkatkan performa kelasnya untuk terus menjadi yang terbaik meskipun lomba telah usai, pungkasnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala MAN Biau kepada ketua-ketua kelas penerima hadiah, agar bisa mempertahankan predikat juara yang diraih melalui upaya terus menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan kelasnya.  Adapun bagi kelas yang belum berkesempatan menjadi juara, agar jangan berkecil hati, karena program ini akan terus berkelanjutan, ungkapnya.

Wali kelas XI Agama C Suharni menyatakan rasa syukurnya atas predikat yang diraih oleh siswa perwaliannya.  Menurutnya, hal ini bisa terwujud berkat adanya team work yang solid dalam program Pika Pika di kelas ini.

“Program Pika Pika merupakan diseminasi konsep penanaman kedisiplinan hidup bersih yang diterapkan di Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT).  Program ini pertama kali diperkenalkan oleh salah seorang guru di SRIT Arie Nursanti yang menjadi pembicara dalam sebuah webinar pada bulan November 2020 silam,” Tutur Suharni.

Sebelum diterapkan di kelas, Program Pika Pika harus melalui serangkaian phase.  Mulai dari phase introduction atau pengenalan program yang mana dalam tahapan ini akan dijelaskan tentang tujuan pelaksanaan program Pika Pika di kelas.  Phase berikutnya adalah training atau pemberian contoh pelaksanaan di kelas.  Tahapan ini bisa disebut juga sebagai langkah persiapan akhir menuju penerapan Pika Pika di kelas. Adapun phase selanjutnya adalah phase eksekusi dan evaluasi.  Dalam phase ini Pika Pika telah dilaksanakan dan telah nampak perubahan positif yang telah menjadi kebiasaan permanen dalam upaya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan kelas dan lingkungan madrasah secara umum.

Ketua Kelas XI Agama C Farhan Sakur mengatakan bahwa Program Pika Pika ini sangat membantu dalam upaya menjaga dan mempertahankan kebersihan dan keindahan serta kenyamanan lingkungan kelas.  Setiap hari seluruh warga kelas telah mengetahui jadwal kerjanya dan terdapat satu siswa yang berperan sebagai Koordinator yang akan memantau jalannya program.

“Alhamdulillah, berkat Program Pika Pika ini kebersihan lingkungan kelas selalu terjaga.  Hal ini memudahkan kami saat mengikuti lomba antar kelas, karena setiap hari kelas kami telah tertata rapi, indah dan bersih.  Ada lomba ataupun tidak, kelas kami selalu tampil indah dipandang mata.” Tutur Farhan.  (SH-MAN Biau).

Editor: Suherman
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex