- Kontributor
13 Mei 2023 0:0:0 152

Kakankemenag Buka Bimtek Penerapan EDM Dan e-RKAM Tim Inti Madrasah Kabupaten Tolitoli

Ket: Kasi Penmad Sahar Ibrahim mewakili Kakankemenag membuka Bimtek penerapan EDM dan e-RKAM tim inti madrasah kabupaten tolitoli di hotel alatas, jum


Tolitoli (Kemenag Sulteng) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli yang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madraasah Sahar Ibrahim membuka secara resmi kegiatan Bimtek Penerapan EDM dan e-RKAM Tim Inti Madrasah Kabupaten Tolitoli Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah REP-MEQR Tahun 2023 di Hotel Alatas Tolitoli, Jum’at (12/5/2023).

Dalam sambutannya Sahar Ibrahim mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan Proyek Realizing Education’s Promise- Madrasah Edeucation Quality Reform (REP-MEQR) yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pengelolaan dan layanan pendidikan madrasah dalam binaan Kementerian Agama.

Sahar Ibrahim menyampaiakan EDM atau Evaluasi diri madrasah merupakan sesuatu yang sangat penting bagi madrasah karena dengan itu madrasah akan melakukan evaluasi secara internal yang dilaksanakan kepala madrasah bersama dewan guru untuk mengevaluasi tingkat keberhasilan madrasah.

“Dengan adanya EDM akan kelihatan kekuatan madrasah yang akan menjadi peluang untuk memperbaiki madrasah dan kelemahan yang akan menjadi hambatan yang harus dibicarakan bersama,”jelasnya.

Lanjut dikatakan Sahar Ibrahim bahwa REP-MEQR terdiri dari empat komponen proyek yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sistem pengelolaan pendidikan di Kementerian Agama. Keempat komponen tersebut adalah, komponen pertama yaitu penerapan sistem e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Berbasis Elektronik) secara nasional dan pemberian dana bantuan untuk madrasah

Selanjutnya komponen kedua yaitu penerapan sistem penilaian hasil belajar ditingkat madrasah ibtidaiyah (MI) untuk seluruh peserta didik kelas 4 secara nasional.  Kemudian komponen ketiga yaitu kebijakan dan pengembangan keprofesian berkelanjutn untuk guru, kepala madrasah, dan tenaga kependidikan madrasah, dan komponen keempat adalah penguatan sistem untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan.

Kepada seluruh peserta, Sahar berharap agar dapat mengikuti kegiatan Bimtek ini dengan disiplin dan sungguh-sungguh sehingga setiap materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan dapat diterapkan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Pokjawas bersama anggota, adapun pun peserta bimtek yaitu kepala madrasah dan guru baik tingkat MI, MTs maupun MA yang ada di Kabupaten Tolitoli.

Tags: -

Editor: Suherman
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex