- Kontributor
22 Februari 2019 0:0:0 526

KAKANKEMENAG : KEUTAMAAN JABATAN TANGAN

Ket:


Tolitoli(Kemenag Tolitoli),- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli  pada  hari ini  tanggal 22 Februari 2019 melaksanakan Kajian setiap minggunya pada hari Jum’at sore setelah shalat Ashar bertempat di Aula terbuka Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli, yang dihadiri Kakankemenag Tolitoli H. Muchlis, Kasubbag TU Sarina Unok, Kasi Bimais Ihsan Lamaming, Kasi Penma H. Lasinrang, Kasi PHU Bustan Hak, Kasi PD Pontren Hj. Andi Nurhayati, Penyelenggara syariah H. Muhammadong dan seluruh ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli.

Kegiatan kajian ini dilaksanakan setiap minggunya dalam rangka menambah wawasan dan amalan amalan serta mempererat hubungan silaturrahmi antara sesama pegawai yang berada dalam lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli.

Kajian ini dibawakan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli H. Muchlis, yang membahas tentang  keutamaan jabatan tangan.

H. Muchlis mengatakan bahwa berjabatan tangan atau bersalaman adalah sebuah tradisi atau budaya yang diperintah oleh Rasulullah saw. Bahkan budaya ini terlihat dilakukan sebagian besar orang didunia baik di acara resmi maupun tidak resmi. Perintah berjabat tangan terdapat hikmah besar di dalamnya. Rasulullah saw.memerintahkan kepada umatnya untuk saling berjabat tangan ketika bertemu, selesai berselisih pendapat, habis bertengkar dan lain sebagainnya. Disamping itu juga  berjabat tangan merupakan tradisi penghormatan bagi setiap muslim.

Jabatan tangan atau bersalaman yang dianjurkan Rasulullah SAW, yaitu muslim dengan muslim dan muslimah dengan muslimah. Bahkan Nabi bersabda bahwa tidaklah dua orang muslim bertemu kemudian berjabat tangan, kecuali akan diampuni dosa-dosa mereka berdua, sebelum mereka berpisah.

Penulis : (Humas : Suherman)

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex