KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
27 Juli 2023 0:0:0 121

Guru-Guru Bahasa Inggris di MTs Poso Tingkatkan Kompetensi Melalui Program PKG MGMP

Ket: Kasi Pendis Kemenag Poso, Sutami M. Idris (tengah) pada kegiatan PKG MGMP di Ruang Lab IPA MTsN 2 Poso, Selasa (25/7/2023).


Poso (Kemenag Sulteng) – Guru-guru Bahasa Inggris di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Poso meningkatkan kompetensinya melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKG) Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris tingkat MTs se-Kabupaten Poso yang dilaksanakan di Ruang Lab IPA MTsN 2 PosoSelasa (25/7/2023).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Poso, yang diwakili oleh Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Islam (Pendis), Sutami M. Idris, mengatakan bahwa posisi sentral guru sebagai pendidik berpengaruh dalam keberhasilan siswa sehingga guru dituntut untuk terus meningkatkan kompetensinya. Kompetensi tersebut mencakup pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial.

"PKG MGMP merupakan wadah untuk memecahkan masalah, uji coba serta menemukan dan mengembangkan ide-ide baru untuk peningkatan mutu pembelajaran," tegas Sutami.

Sutami menyampaikan, guru menduduki peran strategis pada bidang pendidikan, sehingga jangan sampai peran guru dalam pendidikan menjadi tidak bermakna karena tidak didukung oleh guru yang kurang berkualitas. Kualitas sistem pendidikan juga berkaitan langsung dengan kualitas guru.

"Pelaksanaan kegiatan ini dapat dimanfaatkan Bapak dan Ibu sebagai wadah dalam pengembangan keprofesian melalui peningkatan afektif, kognitif dan psikomotor," paparnya.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana kegiatan melaporkan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Selain itu juga untuk memfasilitasi proses belajar peserta didik, serta sebagai upaya meningkatkan komitmen guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga profesional.

Kegiatan yang terlaksana atas kerjasama Kementerian Agama dengan Madrasah Reform serta The World Bank ini turut dihadiri oleh Ketua Pokjawas Kemenag Poso beserta jajarannya, Kepala MTsN 1 Poso, Kepala MTsN 2 Poso dan diikuti 24 orang peserta.

Tags terkait: -
Editor: Humas Monica
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex