KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
27 November 2023 0:0:0 184

Kemenag Donggala Gelar Upacara Hari Guru Nasional

Ket: Kepala Kemenag Donggala Inspektur Upacara Hari Guru Nasional di MTsN 1 Donggala


Donggala (Kemenag Sulteng) - Kemenag Kabupaten Donggala memperingati Hari Guru Nasional yang ke 78 tahun 2023, yang di  dipusatkan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Donggala.

 

Dalam Peringatan Hari Guru Nasional (HGN)  tersebut, bertindak sebagai Inspektur Upacara  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Donggala  Rusdin, didampingi Kepala Seksi  Pendidikan Agama Islam (Pendis) Zaenal Abidin, Sabtu (25/11-2023).

 

Kakankemenag Donggala, membacakan sambutan  Menteri Agama RI, bahwa hanya orang-orang  yang terbaiklah yang terpilih menjadi guru, baru memilih profesi lainnya, guru adalah  profesi yang sangat agung dan bermartabat. Apresiasi tertinggi patut disematkan  kepada guru-guru Indonesia,  gurulah  seluruh bangsa  menjadi penerang  dan  sosok yang mencerahkan setiap generasi, mengantarkan  kebangkitan dan kemajuan bangsa.   

Bapak guru Indonesia,  Ki Hajar Dewantara, berpesan  “ Ing  ngarso  sungtulada, Ing madya  mangun karsa, Tut Wuri handayani.” Guru adalah  mereka  yang terus memberikan  keteladanan  di depan,  menciptakan prakarsa  dalam kebersamaan dan memotivasi  untuk terus berperestasi. 

Saat  tantangan zaman kian kompleks, guru ikut memikul  tanggung jawab besar dalam membentuk generasi yang  tangguh, sesuai dengan nilai-nilai  agama dan budaya,  perkembangan ilmu pengetahuan  dan teknologi, terutama kehadiran kecerdasan  buatan  seperti  Chat GPT Artificial Intelligence ( AI), menjadikan guru untuk terus  menjadi pembelajar demi lahirnya anak  bangsa yang mempuni dalam merespon  isu global  masa kini.

 

Kita saat ini sedang berusaha bersama  menyongsong Indonesia Emas  2045. Bonus  demografi di depan mata, Indonesia panen generasi  produktif di era taransformasi digital. Tentu  para guru berperan penting  dalam ikut membentuk mereka menjadi  prbadi hebat dan berkarakter di era transformasi digital.

 

Olehnya itu, tema  Hari Guru Nasional tahun 2023, “Guru Pembelajar, Bahagia Mengajar,”  mencerminkan potret  guru yang transformatif, Kementerian Agama telah  dan akan terus mengambil langkah signifikan demi mamfasilitasi  peningkatan  kompetensi guru melalui program digital literacy, digitalisasi  madrasah, dan bantuan pembelajaran  digital, Kementarian Agama juga berkomitmen untuk terus memberikan perhatian  dan afirmasi bagi peningkatan kesejahteraan guru.

 

Pada kesempatan itu,  Rusdin juga menyampaikan terima kasih atas jasa para Bapak/Ibu guru yang telah memberikan inspirasi yang dan semangat mengajar, penuh welas  asih dan kasih sayang, pembelajaran yang bersumber  dari hati, hingga menciptakan  ikatan relasi  yang kuat  guru dengan  murid. Pendidikan  sejati yang membebaskan  dan membentuk  manusia yang berpengetahuan, berkepribadian, kreatif dan berakhlaqul karimah. Semoga para guru terus berbahagia dalam menjalankan tugasnya sebagai suluh bangsa, pungkasnya.

 

Kegiatan ini turut dihadiri ketua Pokjawas Madrasah, Muh. Veldi Tohopi,  KUA Sindue, Mahruman, Para Pengawas  Madrasah,  Para Kepala Madrasah, Kaur MAN Donggala,Kamaruddin, Kaur MTsN 1 Donggala, Ridwan, Kaur MTsN 2 Donggala, Kasman, Para Penyuluh  Agama Islam, para guru madrasah  dan  Staf  MTsN 1 Donggala

Tags terkait: -
Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex