- Kontributor
9 Agustus 2022 0:0:0 108

MTsN 2 Banggai Laut Berikan Santunan Pada Siswa-Siswi Yatim Piatu

Ket:


MTsN 2 Banggai Laut (Kemenag Sulteng) - Santunan ini diserahkan langsung oleh  Kepala MTsN 2 Banggai Laut, Anwar Yabiy kepada siswa-siswi MTsN 2 Banggai Laut yang sudah yatim piatu setelah pelaksanaan shalat dzuhur  berjamaah, kegiatan rutinitas tersebut dilaksanakan disertai dengan kultum dari perwakilan setiap kelas di musholla MTsN 2 Banggai Laut, yang dirangkaikan dengan penyerahan santunan dari Pendidik dan Tenaga Kependidikan di MTsN 2 Banggai Laut, 9/8/2022

Anwar Yabiy mengatakan bahwa Bulan muharram merupakan suatu bulan yang dianjurkan kepada umat islam untuk lebih banyak berbuat amal baik terutama melaksanakan puasa sebagaimana yang di sampaikan oleh baginda Rasulullah Muhammad SAW.

Anwar Yabiy mengutip sebuah hadits  bahwa ternyata tanggal 10 Muharram merupakan tanggal yang istimewa dalam sejarah kenabian.

“Tatkala Nabi shalallaahu `alaihi wassalam datang ke Madinah, beliau melihat orang-orang Yahudi melakukan puasa di hari `Asyura. Beliau shalallaahu `alaihi wassalam bertanya, “Hari apa ini?”. Orang-orang Yahudi menjawab, "Ini adalah hari baik, pada hari ini Allah selamatkan Bani Israil dari musuhnya, maka Musa alaihis salam berpuasa pada hari ini". Nabi shalallaahu `alaihi wassalam bersabda, "Saya lebih berhak mengikuti Musa dari kalian (kaum Yahudi)". Maka beliau berpuasa pada hari itu dan memerintahkan ummatnya untuk melakukannya”. (HR. Al Bukhari). .

Anwar menambahkan walaupun orangtua kalian sudah  tiada, namun jangan  menghalangi kalian untuk menjadi orang-orang yang sukses, dan dalam setiap harta yang kita miliki ada hak anak yatim dan fakir miskin.

"Anak-anakku yang saya banggakan tanamkan dalam hati kalian bahwa seberapa banyak harta ataupun uang yang kalian miliki namun yang kalian belanjakan untuk kebutuhan hidup kalian dan menjadi darah daging pada tubuh kalian itulah hakikat rezeki yang sesungguhnya, lebihnya itulah tersimpan hak orang lain yang wajib kalian berikan kepada yang berhak untuk menerimanya" ungkapnya

Anwar juga mengutip ungkapan seorang wali kutub yakni Syekh Abdul Qadir Al-jaelani menyampaikan bahwa sekali kalian mengenyangkan perut orang miskin itu lebih baik dari pada membangun seribu mesjid.

. By. Usman

Tags: -

Editor: Zidiarman
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex