- Kontributor
3 Desember 2018 0:0:0 532

H. Rusman Langke : Bedah Rumah Pupuk Kebersamaan Dalam Menjaga Kerukunan Umat Beragama

Ket: Kakanwil Kemenag Sulteng H. Rusman Langke dan Ibu bersama Bupati Poso mengapit Keluarga yang rumahnya dibedah didampingi Kabag TU Kanwil Kemenag Sulteng. (Foto : Ula)


Poso (Kemenag Sulteng) - Kakanwil Kemenag Sulteng H. Rusman Langke meresmikan bedah rumah yang dilaksanakan oleh Kemenag Kab. Poso di desa Palapa Kec. Pamona Puselemba Tentena  Kab. Poso, Minggu, 2/12.

Kakanwil H. Rusman Langke mengatakan bahwa Kegiatan Bedah rumah yang dilakukan oleh kemenag Poso melalui Bimas Kristen  adalah dalam Rangka pelaksanaan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-73 pada 3 /1/2019 yang mana Kemenag RI berdiri pada 3 januari 1946 dan sudah berumur 73 th pada 3/1/2019, “Kegiatan Bedah rumah yang dilakukan adalah sesuai dengan visi misi kemenag dalam rangka membangun Poso yang lebih baik terutama dalam kehidupan beragama, ini upaya kita dalam rangka membina kerukunan beragama di sulteng” Kata H. Rusman.

Kakanwil H. Rusman mengharapkan agar para Penyuluh agama dan guru baik PNS maupun non PNS memupuk kebersamaan dan kekeluargaan dalam kehidupan bangsa dan negara dalam rangka menjaga kerukunan umat beragama dan menjaga NKRI. “Apa yang kita lakukan semoga menjadi bukti pengabdian kepada Bangsa dan Negara khususnya pada Kab. Poso yang kita cintai bersama” kata Kakanwil diakhir sambutannya.

 

foto sebelum dan sesudah dibedah  

Rumah yang dibedah adalah rumah gubuk bpk.Rifan Monggego (33th) dan Ibu fernika muriono(24th) yang bekerja sebagai buruh tani di desa Palapa Kec. Pamona Puselemba dan mereka memiliki 3 orang Anak  yaitu : Ripka (6) th dan Reva (1bln) Refli (3bln) yang merupakan Jemaat Gereja Bethesda Palapa Kec. Pamona Puselemba Kab. Poso.

 

Pendeta Martinus Bonggili, M.Th. Kasi Kristen Kemenag Kab. Poso mengatakan sebelum menentukan lokasi rumah diobservasi dulu dan ditemukanlah di wilayah Tentena ini, dengan 3 persyaratannya yaitu harus memiliki tanah yang sudah resmi, kondisi rumah dan kondisi ekonomi keluarga.

"Bedah rumah ini  murni dari sumbangan para ASN Kemenag Kab. Poso, Bimas Kristen dan guru Pendidikan Agama Kristen , ada yang memberikan uang dan barang," Kata Martinus.

Penggagas bedah rumah adalah kakankemenag Poso H. Makmur M. Arif dan dengan dukungan para guru Pendidikan Agama Kristen (PAK), pengawas PAK, pegawai bimas kristen dan penyuluh Kristen dan ASN kemenag Kab. Poso yang murni sumbangan mereka. juga masyarakat sekitar yang ikut berkontribusi di dalamnya.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dalam sambutannya menginginkan agar Pemda Poso juga dapat memberikan bantuan bedah rumah dalam program yang sama di tahun depan, sehingga pada kesempatan tersebut dipilih dengan undian  2 wilayah yang akan menjadi sasaran bedah rumah untuk tahun 2019. (Zia)

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex