- Kontributor
4 April 2019 0:0:0 1296

Moderasi Beragama dan Kebersamaan Umat menuju Indonesia yang Religius, Rukun, Damai dan Sejahtera La

Ket: Kakanwil Kemenag Sulteng, H. Rusman Langke


Luwuk,(Kemenag Sulteng),- DR.Rusman Langke, M.Pd, selaku Kepala Kantor Wilyah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, membuka dan memberikan Arahan pada acara pembukaan Rapat Kerja Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2019 di Estrella Hotel kamis ( 04/04/2019). 

Mengawali sambutan dan arahanya Rusman mengharapkan Raker hendaknya berjenjang dari tingkat Kabupaten, tingkat Wilayah sampai tingkat nasional.

Rakerwil Kemenag Prov. Sulawesi Tengah bertema "Moderasi beragama untuk kebersamaan umat" ini adalah implementasi dari Renstra Kemenag 2014 -2019. 

Moderasi adalah freming pembangunan bidang agama di Indonesia yang multi etnis, multi kultural, multi religi, dan sesuai visi misi Kemenag. Yaitu mewujudkan masyarakat Sulawesi Tengah yg taat beragama rukun, cerdas, mandiri dan sejahtera lahir dan batin berdasarkan gotong royong.

Sikap moderat bukan hal baru, sd ada sejak lama,  bisa ditemukan di dalam teks kitab suci misalnya QS. al-Baqarah : 143.  Terjemahnya, Demikian kami jadikan Kalian komunitas umat moderat (wasatha). 
Dalam sambutannya Rusman Langke menjelaskan 3 Mantra Kementerian Agama Tahun 2019 yaitu
1.Moderasi Beragama
2. Kebersamaan
3. Itegrasi Data

Ketiga mantra itu bersinergi antara satu dengan yang lain. Dan Rusman mengharapkan seluruh ASN Kemenag menjadi corong, dan juru bicara baik sikap dan ucapan dari ketiga frame mantra Kemenag 2019 itu.

Selain itu Rusman juga menekankan pentingnya menciptakan Zona Integritas, Wilayah Bebas Korupsi, dan Wilayah Bersih dan Melayani. Karena saat ini Kementerian Agama dalam sorotan masyarakat akibat ulah segelintir oknum yang merusak integritas yang kita bangun. Olehnya perkuat 5 budaya kerja Kementerian Agama
1.Integritas
2. Profesional
3. Inovasi
4. Tanggungjawab
5. Ketauladanan

Kemudian Rusman menekankan pentingnya Optimalisasi Pelayanan Publik melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu, (PTSP), tahun ini hendaknya sudah ada di seluruh Kankemenag Kab /Kota. " Alhamdulillah, bulan ini Kankemenag Kab Banggai sudah meloncing PTSP" . (akb)

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex