KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
2 Juli 2024 8:52:0 43

Kepala Kankemenag Parimo Buka KSM 2024 di Tilok MAN 1 Parigi

Ket: Kepala KanKemenag Parimo Buka KSM 2024 di Tilok MAN 1 Parigi


Parimo (Kemenag Sulteng) - Kepala Kantor Kementerian Agama(Kakankemenag) Kabupaten Parigi Moutong H As'at Latopada, membuka kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten Parigi Moutong di Aula MAN 1 Parigi, Senin 01 juli 2024.

Kepala Kemenag dalam sambutannya mengatakan Kompetisi Sains Madrasah merupakan program tahunan dari Kementerian Agama di bidang pendidikan. Sejak pertama kali digelar pada tahun 2012, KSM menjadi wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains. Kemudian pada tahun 2018, Kegiatan dikolaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam dan berbasis teknologi. Tujuannya adalah untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dijelaskannya untuk tahun ini, KSM akan digelar dengan sistem dan format baru, yakni dengan System Merit.
Konsekuesi dari sistem ini adalah jumlah peserta pada tiap provinsi itu berbeda. Bisa jadi ada beberapa provinsi yang bisa mendapatkan peserta lebih banyak dan ada yang sedikit. Perubahan sistem pada KSM 2024 ini merupakan salah satu upaya dari bidang pendidikan madrasah untuk menuju ‘Madrasah Maju Bermutu dan Mendunia.

Olehnya Kepala Kantor Kemenag Parimo meminta dukungan dari semua pihak baik itu Kepala Madrasah, guru pembimbing serta siswanya mengatur sebaik mungkin. “Kami berharap  guru pembimbing dapat memahami sistem dan juknis baru ini. Agar perhelatan besar bagi para siswa madrasah bisa sukses. Apa yang dilakukan mulai dari Simulasi persiapan sampai dengan saat lomba ini berlangsung sudah sangat baik dan profesional.”


Semoga kegiatan KSM dapat mengembangkan bakat dan minat siswa di bidang sains, sehingga dapat berkreasi dan mencintai sains. Selain itu, dapat meningkatkan gairah siswa madrasah untuk selalu mengasah kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan niali-nilai agama sehinga menjadi yang terbaik di bidangnya. 

Kakankemenag meminta para peserta KSM untuk tetap tenang dalam mengerjakan soal dan tetap mengedepankan nilai kejujuran, bersaing secara sehat saat berkompetisi. 

“Saya doakan semoga semua peserta untuk bisa berhasil dan berprestasi, baik itu di ajang kabupaten, provinsi dan tingkat nasional pada bulan september 2024 di Ternate provinsi Maluku Utara,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Komite KSM tingkat kabupaten Parigi Moutong tahun 2024 H. Mappeasse mengatakan ajang lomba Kompetisi Sains Madrasah tahun 2024  tingkat kabupaten Parigi Moutong digelar mulai tanggal 1-3 juli 2024.
Dengan jumlah peserta total  untuk individu 255 orang yang terdiri dari Madrasah Aliyah 109 orang, Madrasah Tsanawiyah 101 orang dan  Madrasah Ibtidaiyah 45 orang. Selanjutnya untuk kelompok beregu berjumlah 28 group/regu : Madrasah Aliyah 11 grup, Madrasah Tsanawiyah11 grup, Madrasah Ibtidaiyah 6 group.

Kegiatan tersebut dibagi berdasarkan 4 zona atau titik lokasi yaitu :
Tilok 1 di selenggarakan MAN 1 Parigi dari wilayah kecamatan Sausu sampai dengan kecamatan Siniu
Titik lokasi 2 di MIN 2 Parigi di wilayah kecamatan Ampibabo- Tinombo Selatan.
Tilok 3 di MAN 2 Parigi dari wilayah kecamatan Sidoan sampai dengan kecamatan Ongka Malino.
Tilok 4 di MTSn 3 Parigi dari wilayah kecamatan Bolano sampai dengan kecamatan Moutong.
Mappeasse juga menyampaikan untuk mata pelajaran yang  diujikan adalah :
Tingkat MA : matematika terintegrasi, biologi terintegrasi, kimia terintegrasi, fisika terintegrasi, ekonomi terintegrasi, geografi terintegrasi
Tingkat Mts :  matematika terintegrasi, IPA terintegrasi, IPS  terintegrasi 
Tingkat MI ;
Matematika terintegrasi,IPA terintegrasi.
Untuk beregu yang diujikan sosial sains terpadu yakni seluruh mata pelajaran perjenjang dari MA,Mts,MI.
Kegiatan ini berlangsung dal
MA= 109
Mts=101
MI= 45
Dan kelompok beregu dengan jumlah 28 grup regu dgn rincian 
MA=11 grup
Mts=11 grup
MI = 6 grup
Kegiatan tersebut dibagi berdasarkan 4 zona atau tilok yaitu
Tilok 1 MAN 1 parigi=wil sausu sd siniu
Tilok 2 MIN 2 parigi=wil ampibabo- timsel
Tilok 2 MAN 2 parigi = wil sidoan-ongka malino
Tilok 4 MTSn 3 parigi= wil bolano -moutong
Untuk mapel yg diujikan adalah
Tk MA = matematika terintegrasi,biologi terintegrasi,kimia terintegrasi,fisika terintegrasi,ekonomi terintegrasi geografi terintegrasi
Tk Mts = matematika terintegrasi,IPA terintegrasi,IPS  terintegrasi 
Tk MI
Matematika terintegrasi,IPA terintegrasi
Untuk beregu yang diujikan Sosial sains terpadu yaitu seluruh mata pelajaran diatas per jenjang MA,Mts,MI
Kegiatan ini berlangsung dalam 3 sesi dimulai 08.30-15.30.

By. (Ahdal)

Tags terkait: Acara
Editor: -
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex