- Kontributor
19 Februari 2019 0:0:0 1035

BIMTEK PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DILINGKUNGAN KEMENAG TOLITOLI

Ket:


(Kemenag Tolitoli).- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli  pada hari ini Selasa (19/02/2019), bertempat di aula terbuka Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis penyusunan laporan keuangan dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli. Kegiatan Bimtek ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli H. Muchlis dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha Sarina Unok serta narasumber dari KPPN Tolitoli Imam Santosa dan Renaldi.

Peserta kegiatan Bimtek ini berjumlah 36 orang yang merupakan bendahara dan para pengelola keuangan yang ada diseluruh satker di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli.

Dalam arahan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli H. Muchlis mengatakan bahwa dalam penyampaian laporan keuangan Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli telah memenuhi standar yang telah ditetapkan, sehingga dalam pelaporan ke Kantor KPPN tidak pernah terlambat. Pada Tahun 2018 Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli mendapatkan predikat peringkat Kedua dalam hasil penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Tahun Anggaran Tahun 2018 dengan kategori bobot IKPA Kompleks lingkup Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tolitoli.

Dalam materinya Imam santosa menyampaikan bahwa saldo kas dibuku pembantu dan LPJ bendahara dan rekapitulasi serasi, setiap membuat LPJ jangan lupa mencetak buku pembantu dan diberikan saldo masing – masing buku LPJ nya dan memastikan saldo persediaan merupakan saldo akhir inventarisasi fisik per 31 Desember 2018.

Untuk mewujudkan laporan yang berkualitas, setiap satker dalam menyampaikan laporan keuangan harus memastikan akurasi data yang disajikan. setidaknya ada  dua cara dalam memastikan akurasi data yaitu pertama dengan rekonsiliasi yaitu dengan cara pencocokan data  eksternal dan internal dan kedua analisis saat telaah laporan keuangan.

Penulis : (Humas Tolitoli : Suherman)

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex