- Kontributor
16 Juli 2023 0:0:0 138

Pelepasan Kontingen Utsawa Dharma Gita Duta Kota Palu

Ket: Kakankemenag Kota Palu, Nasruddin L. Midu, saat memberikan sambutan pada pelepasan Kontingen UDG Kota Palu, (14/7/23)


Palu (Kemenag Sulteng) -- Pelepasan Kontingen Utsawa Dharma Gita Kota Palu oleh Walikota Palu yang diwakili Sekot, Irmayanti, dilaksanakan di Gedung MSG Pura Agung Wana Kerta Jagadnatha Kota Palu, Jumat (14/7/2023).

Walikota Palu yang diwakili Sekot, Irmayanti bersama Kakankemenag Kota Palu, Nasruddin L. Midu, didampingi Ketua PHDI Kota Palu, I Made Lungayasa, melepas kontingen Utsawa Dharma Gita (UDG) Kota Palu ke tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2023 di Kabupaten Morowali Utara.

 

Sekot, Irmayanti dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Utsawa Dharma Gita atau Lomba Pembacaan Kitab Suci Agama Hindu, merupakan ajang dimana umat diajak memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran agamanya, melalui senandung bait-bait suci yang merdu dan syahdu.

Ia juga menuturkan bahwa tujuan Utsawa Dharma Gita dapat meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran kitab suci Weda beserta susastra Hindu dalam upaya memperkokoh karakter bangsa.

Melalui Utsawa Dharma Gita meningkatkan Sradha Dan Bhakti sebagai landasan terbentuknya susila Hindu. Selain itu, juga menyebutkan bahwa melalui Utsawa Dharma Gita dapat melestarikan dan mengembangkan Dharma Gita termasuk kearifan budaya lokal dalam rangka membangun peradaban dharma dan upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

“Perlombaan Utsawa Dharma Gita yang menjunjung tinggi sportifitas”. Maka diharapkan para peserta dan panitia kontingen mengikuti intruksi dan peraturan perlombaan. Irmayanti dalam arahannya juga turut memberikan doa dan semangat dukungan kepada peserta dan Official Kontingen Utsawa Dharma Gita Kota Palu”, ujar Irmayanti.

Kesempatan yang sama, Kakankemenag Kota Palu, Nasruddin L. Midu memberikan apresiasi yang tinggi kepada Lembaga Widiasabha dan Ketua  PHDI Kota Palu.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada lembaga ini, yang sudah menyiapkan dan melaksanakan pelatihan dalam menyiapkan peserta duta Kota Palu dalam Utsawa Dharma Gita tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Morowali Utara”, ungkapnya.

Menurut Kakankemenag, Nasruddin L. Midu, nilai-nilai agama Hindu yang tersimpan dalam kitab-kitab susastra agama Hindu, yang perlu digali dan diaktualisasikan melalui seni keagamaan, agar memudahkan pemahaman dan penghayatannya. seni yang dimaksud di sini yakni Utsawa Dharma Gita.

“Dharma Gita sebagai nyanyian suci keagamaan Hindu, memiliki peran yang sangat penting dalam pembinaan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran agama Hindu, yang bersumber dari ajaran suci Weda. Saya berharap semoga kontingen UDG Kota Palu meraih hasil maksimal dan menjadi juara, seperti yang diraih Kota Palu pada ajang MTQ lalu”, tandas Nasruddin L. Midu. (kasman)

Editor: Muhammad Kasman
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex