- Kontributor
19 September 2023 0:0:0 334

Siswa MAN Banggai Laut Mengikuti Sosialisasi Program Generasi Berencana ( GenRe)

Ket:


MAN Balut (Kemenag Balut) - Siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri Banggai Laut (MAN Balut) mengikuti sosialisasi program Generasi Berencana (GenRe)  yang diusung oleh BKKBN Kabupaten Banggai Laut pada hari Senin,  18 September 2023 di Ruang Aula MAN Balut pada jam 8.00 wita sampai selesai. 

Kegiatan Sosialisasi dan edukasi dari Form Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Banggai Laut membahas mengenai pengrekrutan Generasi Berencana (GenRe), sex pra nikah, pernikahan dini, dan nafza di MAN Balut yang dihadiri penyuluh KB Kabupaten Irawan Lamane bersama anggota form genRe yang terdiri dari Ahmad Subianto, Afrianto Jeferson, Razak, Keyne Dian Ailsa, Dwi Alda dan Mustafa Ismail, serta didampingi beberapa guru MAN Balut. 

Salah satu program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja yang melibatkan duta genRe Kabupaten yaitu Keyne Dian Ailsa, Dwi Alda Mustafa, dan Abd Razak Radjulaeni. Ketiga duta genRe ini memberikan sosialisasi tentang sex Pra nikah, pernikahan dini dan NAPZA yang bermanfaat untuk kedepannya.

Irmawati Lamane sebagai salah satu penyuluh BKKBN menyampaikan bahwa program GenRe ini mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda karena mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, sex Pra nikah, dan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif) guna menjadi generasi yang tangguh yang berguna bagi bangsa. 

Selanjutnya Irmawati mengungkapkan bahwa, keberadaan genRe ini menekan maraknya permasalahan remaja, yang paling menonjol masalah seksualitas. Sehingga orang tua dan masyarakat sekitar adalah stakeholder terdekat yang dapat mencegah terjadinya pernikahan dini. Oleh karena itu, penting untuk memberikan pemberdayaan kepada mereka terkait konsekuensi negatif dari pernikahan dini.

Adanya pendidikan tersebut diharapkan dapat menginspirasi agar membela hak- hak anak perempuan dan tidak memaksanya untuk menikah dini dan rendahnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan usia kawin pertama yang relatif masih rendah masih menimpa remaja sehingga peran duta GenRe perlu terus di giatkan. 

Siswa sangat antusias dalam menerima materi dari duta GenRe sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar.

Editor: Muhadjir
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex