Rabu, 30 Mei 2012, 08:30 –
Bimas Kristen gelar orientasi Guru Agama Kristen

Palu (Hukmas)- Bidang Bimas Kristen Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, laksanakan Orientasi Guru Agama Kristen tingkat SMP se Provinsi Sulawesi Tengah. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, DR H Mohsen MM. Orientasi Guru Agama Kristen ini dilaksanakan di Hotel Mary Glow selama tiga hari sejak tanggal 29-31 Mei 2012.Menurut Kakanwil, Pendidikan Agama dan keagamaan sebagai sub sistem dari Pendidikan Nasional merupakan pendidikan yang membentuk peserta didik untuk menjadi kapital intelektual yang memiliki iman dan moralitas yang tinggi serta berkemampuan untuk membangun masyarakat dan bangsa menuju kehidupan yang sejathera dan mampu bersaing pada era modern dan globalisasi sekarang ini. ”Oleh karena para pendidik sebagai nara sumber ilmu pengetahuan khususnya dibidang pendidikan agama mulai dari tingkat dasar sampai pada tingkat pendidikan tinggi perlu ditingkatkan kualitasnya, agar melalui proses pembelajaran yang diberikan oleh pendidik yang berkompetensi di bidangnya dapat menghasilkan anak didik yang berkualitas, sehingga pada gilirannya para peserta didik menjadi generasi penerus bangsa yang dapat diandalkan untuk membangun masyarakat, bangsa dan negara republik Indonesia yang kita cintai ini, agar boleh sejajar dengan bangsa-bangsa lain, khususnya di dalam arus globalisasi sekarang ini” Jelas Kakanwil.

”Sebagai Guru Agama dalam menyikapi berbagai perubahan yg terjadi dan tantangan global yang terjadi maka tidak ada pilihan bagi kita selain membentengi diri dengan memahami, menghayati dan mengamalkan tuntunan ajaran agama secara konsisten dan tercermin dalam perilaku hidup sehari-hari. Sebagai bagian dari masyarakat pluralistik, maka guru agama dituntut kepekaan sosial dan mengembangkan sikap keterbukaan bergandengan tangan di tengah-tengah masyarakat majemuk, sebagaimana kenyataan masyarakat kita yang multi kultural dan multi religius”, tambahnya.Kakanwil mengimbau kepada guru-guru Agama Kristen, untuk bersama-sama menanggapi secara arif dan bijaksana setiap tantangan yang dihadapi umat beragama, seraya mengikis isu-isu yang tidak bertanggungjawab dengan cara meningkatkan pemahaman dan pengamalan agama dan keimanan.” Dengan demikian akan terwujud peningkatkan kerukunan interen umat beragama, kerukunan antar umat beragama dan kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah.

Orientasi Guru Agama Kristen ini dilaksanakan di Hotel Mary Glow selama tiga hari sejak tanggal 29-31 Mei 2012. Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari, Kota Palu sebanyak 10 orang, Kab. Donggala 5 orang, Kab. Parigi 4 orang, Kab Poso 6 orang, Kab. Banggai, Bangkep Tojo Unaunda, Morowali dan Toli-toli 1 orang. Sepekan sebelumnya Bidang Bimas Kristen juga telah melaksanakan Orientasi guru agama Kristen tingkat SD se Sulawesi Tengah, tanggal 22-24 Mei 2012.

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.031452 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 324279
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.