- Kontributor
13 September 2022 0:0:0 231

Pembinaan Imam Dan Takmir Masjid, Kakankemenag Banggai: Revitalisasi KUA Tolak Ukur Moderasi Beragama

Ket:


Luwuk (Kemenag Sulteng), Kepala kantor Kemenag Kab. Banggai Drs. H. Ma'sum Rumi, MM, bersama Camat Batui selatan Faidil Akbar DP.S.TP memberi sambutan di pembinaan Imam dan takmir masjid. Turut hadir para Kepala desa, ketua-ketua majelis taklim dan penyuluh agama islam bertempat di aula KUA kec. Batui selatan. Selasa, 13/09/2022.

Ma’sum menyampaikan peran KUA hari ini telah menjadi pusat informasi keagamaan, bukan hanya untuk agama Islam saja tapi untuk seluruh agama yang diakui oleh pemerintah. Dan menjadi tugas bersama Seluruh pegawai di KUA termasuk penyuluh untuk paham dalam memberikan segala informasi tentang keagamaan yang dibutuhkan masyarakat, karena KUA telah menjadi sentral kegiatan keagamaan.

"Terkhusus para Imam dan Takmir Masjid dan selaku tokoh agama, kemampuan membaca Alquran dengan baik dan benar. Kata dan perilaku menjadi cerminan dan nilai yang terlihat langsung oleh masyarakat, untuk itu harus berwawasan luas untuk menjawab persoalan-persoalan masyarakat" tekannya.

Lanjut Ma'sum, Revitalisasi KUA menjadi tolak ukur memahami lebih dalam moderasi beragama yaitu memaknai kemajemukan saling menghargai keyakinan dalam hidup berbangsa dan bernegara. Dengan begitu kita telah menciptakan kedamaian yang diinginkan tiap pemeluk agama. "Saya sangat berharap para imam, penyuluh agama dan ketua majelis taklim bisa memahami dan menjadi tokoh moderasi. Penyampaian kerukunan beragama dan hidup rukun di lingkungan masing-masing. Sehingganya sifat gotong royong selalu hidup di tengah masyarakat."

Dalam kesempatan itu, Camat Batui selatan Faidil Akbar dalam sambutannya mendukung sepenuhnya segala hal yang terkait dengan pembinaan umat, Sangat mengapresiasi kegiatan KUA serta program Revitalisasi KUA yang menjadikan fungsi KUA lebih nyata dan terlihat fungsi pemerintah dalam menjalin kerjasama bersama masyarakat.

By. Abduh

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex