- Kontributor
27 Agustus 2022 0:0:0 203

Seksi Pendis Kemenag Balut Gelar Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka

Ket: Plh. Kakankemenag Kab. Banggai Laut Ramudin Kandja saat memberikan sambutan pada kegiatan Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka


Banggai Laut (Kemenag Sulteng) - Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut menggelar Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka yang dilaksanakan di Aula MTs Negeri 2 Banggai Laut, Sabtu (27/8-22).

Kegiatan tersebut di buka oleh Pelaksana Harian (Plh). Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Banggai Laut Ramudin Kandja, S.Ag.,M.Si, menghadirkan narasumber dari Pokjawas Prov. Sulteng Sogiono Lasa, S.Pd.,M.Pd dan Pengawas Madrasah Tsanawiyah Kemenag Banggai Laut H. Mohamadong Mangawi, S.Pd.,MM.

Dalam sambutannya Ramudin Kandja menyampaikan bahwa perubahan dalam dunia pendidikan sebagai sebuah refleksi dari kebijakan pemerintah, kebijakan baru yang muncul dapat terlihat dan dirasakan dari aspek kurikulum merdeka belajar.

"Kami mengajak untuk mendukung program pemerintah dalam menyukseskan sosialisasi implementasi kurikulum merdeka dan bertekad untuk menjadi madrasah pilot project di Banggai Laut" ungkapnya

Lebih lanjut, Ramudin Kandja mengungkapkan kurikulum merdeka ini merupakan kurikulum yang tadinya disebut kurikulum prototipe, yang kemudian diresmikan dan diluncurkan Kemendikbudristek dengan nama Kurikulum Merdeka.

"Kurikulum ini memiliki keunggulan yaitu lebih sederhana dan mendalam, lebih merdeka, lebih relevan dan interaktif" imbuhnya

Selain itu, Ramudin Kandja menambahkan bahwa pemahaman moderasi beragama di lingkungan Madrasah sangatlah penting, diharapkan para guru untuk dapat mendiseminasikan pentingnya moderasi beragama kepada anak didiknya.

"Pemahaman moderasi beragama dapat mempererat kerukunan umat beragama khususnya di Madrasah sehingga peserta didik kedepannya bisa menjadi generasi moderat, toleran, memahami dan mengamalkan ajaran agama secara seimbang" pungkasnya

Sementara itu, Plh. Kepala Seksi Pendidikan Islam Awalina selaku panitia penyelenggara dalam laporannya menyampaikan tujuan dari kegiatan ini yaitu Pertama. Untuk memberikan pemahaman kepada guru madrasah tentang penerapan kurikulum merdeka belajar. Kedua. Dapat meningkatkan kualitas layanan pendidikan dimadrasah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan Ketiga. Memenuhi kebutuhan guru dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam memfasilitasi proses pembelajaran peserta didik.

Sosialisasi ini mengusung tema "Melalui Peningkatan Kurikulum Kita Wujudkan Pembelajaran Madrasah yang Mandiri Berprestasi dan Profesional" diikuti oleh 30 peserta terdiri dari Kepala Raudhadul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta se-Kabupaten Banggai Laut. (MH)

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex