- Kontributor
18 Oktober 2021 0:0:0 848

Siswa XII IPS MAN Balut Melaksanakan Praktek Makanan Khas Banggai

Ket:


(MAN Balut)- Siswa kelas XII  IPS MAN Balut melaksanakan praktek makanan khas Banggai yang dihadari oleh guru mata pelajaran prakarya Saiful dan beberapa guru lainnya di ruang guru pada Senin, 18 Oktober 2021. 

Menurut Saiful sebagai guru prakarya praktek makanan khas Banggai merupakan salah satu hasil karya atau pekerjaan tangan yang berbentuk pelatihan dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar. 

Adapun makanan khas Banggai dalam praktek prakarya yang dibagi dalam tiga kelompok tersebut yaitu: pertama, kukus yang terbuat dari singkong yang diberi gula merah. Kedua, Limbok atau lebih dikenal dengan kolak kelapa muda. Ketiga, Dange yang merupakan makanan khas daerah terbuat dari sagu yang dicampur dengan kelapa dan diberi gula merah. Keempat, Salanggar makanan yang berasal dari keladi yang direbus dengan santan. Kelima, Apolo makanan yang terbuat dari keladi yamg keruk isinya kemudian dicampur dengan santan. Keenam, karas-karas kue tradisional Banggai yang selalu dihidangkan pada saat meperingati Maulid Nabi Muhammad saw. Yang terakhir yaitu Ikan bakar rica dan masakan ikan tokoli (kuah asam). 

Diharapkan dari praktek prakarya ini anak-anak bisa mengetahui dan juga mengembangkan makanan-makanan khas daerah mereka agar bisa dapat dilestarikan dan bisa diajarkan kepada generasi-genarasi penerus selanjutnya.

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex