- Kontributor
28 Juli 2022 0:0:0 100

Kakanwil Apresiasi Penampilan Peserta MTQ

Ket: Kakanwil Kemenag Sulteng H.Ulyas Taha


Luwuk (Kemenag Sulteng) - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-XXIX Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah telah memasuki hari ke-5 setelah acara Pembukaan. 

 

Hari ini, Kamis (28/07/2022) juga merupakan pelaksanaan Final pada 7 cabang yang dilombakan, yaitu Seni Baca Al-Qur'an 5 golongan, Qiraat Al-Quran 3 golongan, Hafalan Al-Qur'an 5 golongan, Tafsir Al-Qur'an 3 golongan, Seni Kaligrafi 4 golongan, Fahmil Qur'an, dan Syarhil Qur'an. Sedangkan cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur'an telah melaksanakan Final pada Rabu (27/07/2022). 

 

Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah Ulyas Taha berkesempatan menghadiri dan memberikan Support kepada peserta Musabaqah Fahmil Qur'an, didampingi Kepala Kantor Kemenag Kab Banggai Ma'sum, Kepala Kantor Kemenag Kota Palu Nasruddin L Midu, Kepala Kantor Kemenag Kab Tolitoli Muchlis, dan Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Islam Kanwil Kemenag Sulteng, Junaidin.

 

"Sampai hari ini MTQ berjalan dengan lancar dan aman, banyak hal yang meningkat dari penampilan para peserta, kualitas para peserta yang tampil, banyak yang telah memenuhi standar nasional," ujar Kakanwil disela acara lomba.

 

Menurutnya hal tersebut menandakan perkembangan pembinaan dan kenyiapan bibit dan kader para pelantun Al-Qur'an dan Kaligrafi, Syarhil, Fahmil, dan Hafizh semakin berkembang dan menggembirakan, oleh sebab itu akan sangat tergantung dari bagaimana Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) sebagai lembaga yang diberi  tugas untuk itu dapat lebih meningkatkan peran dan fungsinya atas dukungan pemerintah Daerah dan Kementerian Agama, tuturnya. 

 

Dia menambahkan, pada Senin (25/07/2022) telah dilaksanakan Rapat Konsultasi Daerah LPTQ dan telah menghasilkan beberapa hal yang penting berkaitan dengan pembinaan Qori' dan Qoriah serta cabang-cabang MTQ lainnya agar ke depan Sulawesi Tengah akan tetap diperhitungkan di tingkat Nasional, sebagaimana Sulteng pernah Jaya di tahun 90-an.

 

Dalam Rapat tersebut telah disepakati utk Pelaksanaan STQ Tahun 2023 yang menjadi tuan rumah Kab Tojo Una Una, dan Pelaksanaan MTQ Tahun 2024 tuan rumah adalah Kota Palu.

 

Penutupan MTQ dijadwalkan pada Jum'at malam (29/07/2022). Adapun Pelaksanaan MTQ Tingkat Nasional 2022 akan dilaksanakan tanggal 10 s.d. 18 Oktober 2022 di Kota Banjar Baru Provinsi Kalimantan Selatan. 

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex