- Kontributor
1 November 2021 0:0:0 261

Lewat Maulid, Kakankemenag Kota Palu Tanamkan Nilai Keteladanan Nabi Pada Siswa MTsN 2

Ket: Kakankemenag saat membawakan hikmah maulid


Palu (Kemenag Sulteng) --- Bulan Rabiul Awal menyimpan banyak keutamaan bagi para muslim. Di bulan inilah Nabi Muhammad SAW lahir dari pasangan Abdullah dan Aminah. Sang Nabi membawa ajaran Islam dari Allah SWT bagi seluruh umat manusia.

Momentum  itulah yang dimanfaatkan oleh MTsN 2 Kota Palu untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW,  Rabu (27/10). Selain dihadiri oleh Kakankemenag, Nasruddin L. Midu,  serta tenaga pendidik dan kependidikan madrasah tersebut. Kegiatan yang dirangkaikan dengan pelepasan mahasiswa PPL UIN Datokarama Palu itu juga dihadiri oleh Dosen Pembimbing PPL, Ramang.

Sebagai pembawa hikma maulid, Nasruddin L. Midu mengajak para siswa untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.
“Rasa cinta itu tentunya tumbuh diawali dengan mengenal sosok-Nya, mengenal Allah harus tahu  Zat, Sifat, dan Asmanya. Man arafa nafsahu faqad arafa Rabbahu, yang artinya Barangsiapa mengenal dirinya, maka ia mengenal Tuhannya,” ungkap Nasruddin.

Lebih jauh Kakankemenag Nasruddin menjelaskan, bahwa mengenal Baginda Nabi seharusnya mengetahui riwayat, sifat wajib dan akhlak beliau.
Siddiq, Amanah, Tabligh, dan Fathonah sebagai sifat-sifat wajib Nabi Muhammad SAW. Beliapun digelari sebagai Al amin baik kawan maupun lawan beliau, dimana gelar itu berarti orang yang dapat dipercaya,”ungkapnya.


   
Nasruddin juga memotivasi para siswa dan mahasiswa PPL yang ada untuk mengetahui sejauh mana mereka mengenal Nabi Muhammas SAW. Kakankemenag Kota Palu itu memberikan kuis serta bonus uang tunai kepada siswa dan mahasiswa yang berhasil menjawab pertanyaaan seputar kehidupan Nabi.

Sementara itu Kepala MTsN 2 Kota Palu, M. Syamsu Nursyi dalam laporanya mengatakan, bahwa momen peringatan maulid ini merupakan kegiatan yang mengedukasi siswa untuk lebih mengetahui dan meneladani sifat dan akhlak nabi Muhammad SAW. Syamsu juga berterima kasih kepada Mahasiswa PPL UIN Datokarama. Dimana  sudah sebulan ini, mereka mampu berkolaborasi dan beradaptasi dengan baik di lingkungan madrasah hingga pelepasan mereka kembali ke Kampus UIN Datokarama Palu.       
  
(Fuad)

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex