- Kontributor
15 Maret 2023 0:0:0 128

Pembinaan Majelis Talim, Kakankemenag Banggai; Wadah Menyebarkan dan Membentuk Karakter Islamiyah

Ket:


Luwuk (Humas Kemenag) - Kepala Kantor Kemenag Kab. Banggai Drs H Ma’sum, MM  melaksanakan Pembinaan Majelis Taklim se-Kecamatan Toili Barat terkait peranannya dalam memakmurkan mesjid dan moderasi beragama. Pembinaan digelar di masjid Nur Islah Desa Sindang Sari, Selasa, 14 Maret 2023.

Ma’sum mengatakan majelis taklim hadir untuk memberikan pendidikan Islam dalam menyebarkan misi dakwah Islamiyah, agar nilai-nilai Islam terwarisi pada setiap insan serta membentuk karakter-karakter Islamiyah untuk direalisasikan atau diwujudkan dalam perilaku kehidupan sehari-hari.

Majelis Taklim sebagai wadah umat islam untuk menumbuhkan tali silaturrahmi agar peran agama dapat di laksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Majelis taklim mampu menjadi sarana untuk pemecahan masalah kehidupan manusia. Manusia sebagai makhluk yang dipercaya dalam menjalankan peran sebagai khalifah di bumi, imbuhnya.

Kepala Kantor menyebutkan Al-Quran surat An Nahl ayat 125 yang Artinya: “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang lebih mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui siapa yang mendapat petunjuk.”

Hal ini menurut Ma’sum, mengharuskan akan pentingnya berdakwah tentang nilai-nilai Islam yang telah melembaga pada masing-masing individu sehingga menjadi masyarakat, maka agama ini dapat menjadi tiang agama di dunia, yang tersebar di seluruh lapisan dunia sehingga fungsi Agama Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin dapat dibuktikan dan direalisasikan.

 

Selain itu, Majelis Taklim juga merupakan bagian dari keseharian muslim yang menarik banyak peminat dari berbagai kalangan muda sampai tua, Majelis Taklim juga sebagai bagian dari dakwah Islam yang didalamnya memperlajari ilmu Agama, membangun persaudaraan dan yang terpenting adalah meningkatkan keagamaan.

Turut hadir dalam pembinaan ini, Kepala KUA Kecamatan Toili Barat Sarmadi, Ketua DWP Kemenag Banggai Gilda Ma'sum, para Imam masjid, Penyuluh agama Non PNS. Dan Ketua dan pengurus majelis taklim. Di masjid Nur Islah desa Sindang sari. Selasa, 14/03/2023.

 

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex