KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
Suherman Kontributor
24 Juni 2024 12:33:0 98

Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Kemenag Tolitoli Tahun 2024 Dimulai

Ket: Peserta AKGTK Madrasah tahun 2024


MAN Tolitoli (Kemenag Sulteng) - Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah tahun 2024 di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tolitoli resmi dimulai. Pembukaan acara yang bertempat di Laboratorium Komputer Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tolitoli ini diikuti oleh 259 peserta yang terdiri dari guru, kepala madrasah, dan pengawas madrasah, Senin (24/6/2024).

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tolitoli, Salam P. Daimarinu menekankan pentingnya pelaksanaan asesmen ini sebagai alat ukur kompetensi bagi guru dan tenaga kependidikan.

“Kegiatan ini bukan untuk menguji siapa yang pintar atau tidak, melainkan untuk mengetahui sejauh mana kompetensi yang dimiliki oleh para guru dan tenaga kependidikan kita,” ujar Salam. Ia juga berharap agar seluruh rangkaian kegiatan ini dapat berjalan lancar sesuai jadwal hingga selesai.

Kepala MAN Tolitoli, Muhammad A.Y. Rumi, yang juga berpartisipasi sebagai peserta, menilai kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pengembangan kompetensi guru dan tenaga kependidikan.

“Hasil dari asesmen ini akan sangat berguna bagi madrasah dalam menyusun rencana pengembangan, terutama dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sesuai dengan visi dan misi madrasah,” ujar Muhammad.

Sementara itu, Ketua Tim Guru dari Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulteng, Zubair Badjeber yang juga hadir sebagai Pengawas AKGTK, menambahkan bahwa asesmen ini bertujuan untuk mengukur tingkat kompetensi para peserta.

“Kami mengkategorikan hasil asesmen ke dalam beberapa tingkatan, yaitu terampil, mahir, cakap, dan berkembang. Harapan kami, para guru dapat mencapai kategori mahir atau setidaknya terampil. Jika ada yang masuk dalam kategori berkembang, mereka akan diarahkan untuk mengikuti diklat peningkatan kompetensi,” tandas Zubair.

Asesmen AKGTK ini akan berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 24 hingga 26 Juni 2024, dan dibagi menjadi tiga sesi setiap harinya. Pelaksanaan asesmen dilakukan di dua lokasi, yaitu di MAN Tolitoli dan MTsN 1 Tolitoli.

 

Tags terkait: MAN MAN TOLITOLI
Editor: Humas Monica
Fotografer: Suherman
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex