Ferizal M. Latopada Kontributor
11 Oktober 2024 19:35:0 405

Miliki Gedung Baru, Kakanwil Harapkan MIN 1 Kota Palu makin Berprestasi

Ket: Pengguntingan pita oleh Kakanwil H. Mohsen


 

Palu (Kemenag Sulteng) –Palu (Kemenag Sulteng) - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Palu kini memiliki wajah baru. Saat memasuki gerbang masuk, tampak gedung dua lantai berwarna hijau segar, kokoh berdiri.

Gedung yang dibangun melalui pendanaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ini, telah diresmikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, Mohsen Alaydrus, pada Jumat (11/10/2024).

Kakanwil Mohsen menyampaikan harapannya agar gedung baru ini dapat memberikan semangat baru bagi para guru dan siswa untuk meraih prestasi. Dengan adanya fasilitas baru yang lebih nyaman dan representatif, diharapkan kegiatan belajar mengajar di MIN 1 Kota Palu dapat berjalan lebih optimal, serta mampu melahirkan generasi yang berprestasi dan berakhlak mulia.

Kakanwil Kemenag Prov. Sulteng Dr. H. Mohsen Alaydrus, MM

Mohsen juga menekankan pentingnya daya saing dalam pendidikan di Sulawesi Tengah. Baginya, gedung baru tersebut harus menjadi salah satu indikator daya saing, tetapi bukan satu-satunya. 

Dengan infrastruktur yang lebih baik, MIN 1 Kota Palu diharapkan dapat terus berkembang menjadi salah satu madrasah unggulan di Sulawesi Tengah. Ia berharap fasilitas tersebut dapat memengaruhi prestasi siswa sehingga mampu bersaing di tingkat nasional.

Bantuan SBSN di Sulawesi Tengah mencakup tiga lokasi, yaitu MIN 1 Kota Palu, MAN IC Kota Palu, dan MAN Kabupaten Toli Toli, kata Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Kabid Penmad) Kiflin, dalam laporannya.
 

Kabid Penmad Dr. H. Kiflin, M.Pd.I

Kiflin menjelaskan, ide pembangunan gedung ini berawal dari hasil peninjauan tim pusat yakni Deputi Bappenas saat berkunjung ke Kota Palu pasca gempa 2018 lalu, melihat kondisi madrasah yang gedungnya tidak mencukupi. Gedung yang terdiri dari enam ruang kelas ini disebutkan selesai lebih cepat dari target.

Peresmian dilaksanakan di halaman MIN 1 Kota Palu dan dihadiri oleh Kasi Pendis Kemenag Kota Palu, para pengawas, tokoh masyarakat, paguyuban MIN 1, serta para guru dan siswa madrasah. Acara peresmian ini berlangsung khidmat, dan di lanjutkan dengan pembinaan ASN di lingkup MIN 1 Kota Palu dengan topik pembahasan, transformasi digital.

 


Editor: Lilis Basira
Fotografer: Humas Ahsan

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex