- Kontributor
7 November 2023 0:0:0 65

MTs Negeri 2 Kota Palu Gelar Bimtek Kepenulisan Karya Ilmiah dan Jurnalis

Ket: Pembukaan Kegiatan Bimtek KIR MTsN 2 Kota Palu dalam memantapkan kreatifitas siswa menjadi Penulis yang Handal oleh Wakamad Bidang Akademik, Naif Abdun, S.Pd.I., MA.Pd di Ruang Aula MTsN 2 Kota Palu, didampingi oleh pembina KIR : Irianizard Kapapu, S.Pd., M.Pd., Dra. Hj. Rosmala Djamaluddin, M.Pd., Yuliana, S.Pd., serta Mutmaina,S.S


MTsN 2 Palu (Kemenag Sulteng) - Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) MTs Negeri 2 Kota Palu melaksanakan Bimtek Kepenulisan Karya Ilmiah dan Jurnalis di Ruang Aula MTsN 2 Kota Palu. Turut hadir dalam kesempatan ini wakil kepala madrassah Bidang Akademik, Naif Abdun, S. Pd.I.,MA.Pd sebagai pemateri dan sekaligus membuka kegiatan tersebut mewakili kepala madrasah yang sedang dinas luar kota. 3/11/23

Dalam arahannya, Naif bepesan kepada penulis-penulis muda khususnya siswa - siswi MTsN 2 Kota Palu yang tergabung dalam Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) agar mengikuti Bimtek ini dengan serius supaya kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan tertib sampai kegiatan selesai dan kemudian semua dapat diterapkan pada penulisan ke depannnya.

Kegiatan ini baru pertama kali diadakan oleh Ekstrakurikuler KIR, olehnya itu kami berharap kiranya kegiatan ini bisa berlangsung dan akan menjadi kegiatan rutin tahunan pada Program Kerja Ekskul KIR MTsN 2 Kota Palu.

 Ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) adalah kegiatan di madrasah atau sekolah yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan menulis ilmiah, kemampuan penelitian, analisis, dan komunikasi dalam dunia akademik. Melalui kegiatan ini, siswa diajarkan untuk menyusun karya tulis berdasarkan metodologi penelitian yang sistematis dan menghasilkan laporan yang terstruktur.

Ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja memiliki beberapa tujuan utama, antara lain:pertama, mengembangkan kemampuan menulis ilmiah yang baik dan terstruktur, kedua, mengajarkan metode penelitian yang sistematis, termasuk pengumpulan data, analisis, dan interpretasi hasil, ketiga meningkatkan keterampilan analisis dan sintesis informasi, keempat mendorong kreativitas dan keingintahuan siswa dalam menjelajahi topik-topik yang menarik.

Ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja memberikan kesempatan bagi siswa untuk mendalami bidang studi yang diminati dan mengembangkan potensi akademik mereka. Selain itu, kegiatan ini juga membekali siswa dengan keterampilan yang berharga dalam mempersiapkan mereka untuk studi lanjutan atau karir di dunia akademik atau penelitian.

Dalam arahannya, Naif berpesan kepada anggota KIR supaya selalu berlatih supaya bisa mengungkapkan pemikiran dan ide-ide kreatif sehingga dapat menuangkannya ke dalam tulisan sesuai dengan sistimatika dan kaidah penulisannya. (Irianizard Kapapu, S.Pd., M.Pd)

Editor: Zidiarman
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex