- Kontributor
12 Juli 2022 0:0:0 104

Kemenag Donggala Qurban Delapan Ekor Sapi

Ket: Kakankemenag Donggala, H. Rusdin menghadiri penyembelihan hewan Qurban Sapi di Kantor Kemenag Donggala


Donggala (Kemenag Sulteng) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Donggala, melaksanakan penyembelihan  hewan Qurban Idul  Adha  tahun  1443 H/ 2022 M. sebanyak  8 ekor  sapi, di Lingkungan  Kantor Kementerian Agama  Kabupaten Donggala,  hari senin  (11/7-2022)

Kakankemenag  Donggala H. Rusdin, mengatakan  bahwa  sumber  dari  8 ekor  sapi yang  dipotong tersebut,  satu ekor berasal  dari  Bank Syariah Indonesia (BSI) Palu Plaza dan yang 7 ekor   sapi bersumber  dari  ASN  Kemenag Donggala, olehnya  tahun depan  diupayakan  bisa bertambah sesuai kemampuan  ASN  di lingkungan Kantor  Kementerian Agama Kabupaten Donggala.

“Ibadah Qurban hukumnya Sunnah Muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan) bagi orang  muslim yang  mampu melakukannya, lalu ia meninggalkan  hal itu maka hukumnya makruh”  hal ini berdasarkan Hadits Nabi yang diriwayatkan  oleh Bukhari dan Muslim  bahwa Nabi  Saw. pernah  berqurban  dengan dua ekor kambing  kibasy  yang sama-sama berwarna putih  kehitam-hitaman dan bertanduk  dan  Nabi sendiri yang menyembeli Qur’ban  tersebut" kata Rusdin.

Hikmah  Ibadah Qurban   disyariatkan Allah untuk mengenal sejarah  Idul Adha  sendiri yang dialami  oleh Nabi Ibrahim as. dan  orang yang berqurban,  yang pandai menyembelih  disunnahkan menyembelih sendiri binatang  yang diqurbankan, karena  merupakan  salah satu ibadah  yang dilakukan  pada hari raya Idul Adha  dan  apabila melakukan Ibadah Qur’ban  maka orang tersebut  akan mendapat pahala  dari Allah swt, sedangkan  jika orang  tidak melakukan  ibadah Qurban maka orang tersebut  tidak berdosa, ungkapnya.

Pada kesempatan  yang sama, Ketua Panitia Penyembelihan hewan Qurban, Usman mengatakan  bahwa  dari  8 ekor  sapi tersebut  tiga ekor  disembelih di Kantor Kemeneg Donggala, tiga ekor  disembelih  di Kecamatan Dampelas, Dusun Simantomo,  Desa Finii dan di  MTsN 2 Dampelas,  serta satu ekor  disembelih  di MTsN 1  Donggala   dan  satu ekor  di sembelih di Madrasah Aliyah  Nahdlatul Khairaat Labuan Donggala,  dan dagingnya  disalurkan  kepada kaum dhuafah  yang ada di Kabupaten Donggala, tuturnya.

Turut hadir dalam penyembelihan hewan Qurban tersebut Kasubbag TU, Sarina Unok, Kasi Bimas Islam, H. Darwin Panessai, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, H. Syafrudin, Kasi Penyelenggara Hindu, I Nyoman Dana, Analis Kepegawaian, H. Mulkin dan Ketua  Pokjawas, Muh. Veldi Tohopi.

Tags: -

Editor: Zidiarman
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex