- Kontributor
21 Maret 2022 0:0:0 372

MTsN 1 Kota Palu Gelar Wisuda Tahfidz Quran

Ket: Foto saat kegiatan Prosesi Wisuda Tahfidz (20/03/2022)


 

Palu (MTsN 1 Palu), Wisuda tahfidz Qur’an Juz 30 digelar pada hari Ahad (20/03/2022) bertempat di Wisma Haji Prop.Sulawesi Tengah. Sebanyak 102 siswa mengikuti wisuda. Acara digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Hadir dalam kegiatan wisuda ini Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Sulawesi Tengah, Walikota Palu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu, Kepala Seksi Pendidkan Islam Kemenag Kota Palu, Ketua Pokjawas Kemenag Kota Palu, Penasehat Komite, Kepala-Kepala Madrasah Se-KKM MTsN 1 Kota Palu serta orang tua siswa yang akan di wisuda.

Koordinator program Tahfidz Qur’an MTsN 1 Kota Palu Supardi Lasidengki, menyebutkan tujuan wisuda ini sebagai bentuk apresiasi terhadap para Siswa yang memiliki semangat dalam menghafal al-Quran sekaligus sebagai motivasi bagi siswa yang lain untuk lebih giat dalam melakukan hafalan. "Sebelum pelaksanaan wisuda ini ada mekanisme. Jadi para siswa harus sudah hafal Juz 30 dan dinyatakan lulus dalam Ujian Munaqasah," jelas Supardi.

Kepala Madrasah Hj.Rusdiana dalam sambutan menyampaikan “Sukses buat siswa – siswi yang hari ini akan di Wisuda Tahfidz Qur’an, kalian menjadi kebanggaan kedua orang Tua dan kami sebagai Guru terharu dan bangga kalian penuh semangat dalam menghafal al-Qur’an, Kedepannya saya berharap program tahfidz yang sudah berjalan dengan baik ini bisa menjadi lebih baik lagi," Kepala madrasah menambahkan bahwa program tahfidz ini merupakan program unggulan yang menjadi ujung tombak lahirnya program-program unggulan lain di MTsN 1 Kota Palu. Sejak tahun 2019 program ini sudah berlangsung tapi karena di tahun 2020 kami tidak bisa melaksanakan Wisuda di sebabkan karena kondisi Covid-19 yang meningkat, nanti tahun ini di 2022 baru kami bisa melaksankan Wisuda. "Artinya, adanya program tahfidz ini membawa keberkahan bagi MTsN 1," tuturnya.

Lanjutnya, Wisuda Tahfidz yang baru pertama kali diselenggarakan oleh program tahfidz MTsN 1 Kota Palu ini merupakan bentuk dari kerja cerdas, kerja keras dan kerja ikhlas. "Saat lahirnya program ini tahun 2019 lalu, kami mencanangkan 3 tahun ke depan harus hafal juz 30 ternyata siswa-siswi yang akan di wisuda ini sudah ada yang menghafal 4 juz, 8 juz dan 19 juz. Alhamdulillah atas izin Allah swt hari ini bisa dibuktikan," ujar Rusdiana.

Sementara itu, Wali Kota Palu dalam sambutannya yang di bacakan oleh Kepala Bagian Kesra Bapak Abd Aris, berpesan bahwa atas nama pribadi, masyarakat dan pemerintah kota palu kami menyambut baik dengan diselenggarakannya wisuda tahfidz qur’an angkatan I (satu) yang dilaksanakan oleh MTs Negeri 1 kota palu.

Lanjutnya, kegiatan wisuda dan para tahfidz qur’an ini memiliki peran penting dalam upaya menumbuh kembangkan minat baca al quran dikalangan masyarakat sehingga program pemerintah tentang palu religi dapat terwujud. Disamping itu pula kami selaku pemerintah Kota Palu akan memprogramkan kepada siswa yang telah menyelesaikan hafalannya sampai pada Juz 30 akan di berikan Bea Siswa Hafidz qur’an”, Ungkapnya.

Sebanyak 102 siswa yang mengikuti Wisuda Tahfidz, Pada penyerahan sertifikat dan Pemasangan Salempang Hafidz dan Hafidzah dilakukan langsung oleh Bapak Kepala Kantor Wilayah Kementeria Agama Prop. Sulawesi Tengah dan Bapak Wali Kota Palu dan di damping Kepala MTsN 1 Kota Palu.

Ditempat yang sama, Kakanwil Kementerian Agama Sulawesi Tengah H.Ulyas Taha, menyampaikan kepada siswa, untuk selalu menjaga hafalan dan berlatih untuk mengamalkan. "Sekali lagi terima kasih kepada anak-anakku, orang tua siswa, para guru-guru, wali kelas, dan komite atas perjuangan, kesabaran serta keikhlasannya. Semoga melalui program tahfidz ini, MTsN 1 Kota Palu bisa mencetak generasi muda cinta al-Quran sehingga menjadi madrasah yang semakin barokah, manfaat, dan istiqomah," pungkasnya.

 

 

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex