- Kontributor
7 November 2022 0:0:0 217

Lewat Merdeka Belajar, Kakankemenag Harapkan Guru Dapat Menjadi Fasilitator Yang Menginspirasi

Ket: Momen foto bersama pasca pembukaan Workshop Kurikulum Merdeka Belajar


Palu (Kemenag Sulteng) ---Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam. Melalui kurikulum ini, guru dapat memilih perangkat ajar untuk menyesuaikan kebutuhan belajar dan minat masing-masing peserta didik.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama, Nasruddin L. Midu, dalam kegiatan Workshop Kurikulum Merdeka Belajar di MTsN 4 Kota Palu, Sabtu (05/11).

Nasruddin menuturkan, kurikulum merdeka belajar menjadi opsi tambahan dalam rangka pemulihan pembelajaran selama 2022-2024 (pasca pandemi).

“Merdeka belajar bertujuan untuk mentransformasi layanan pendidikan yang berdampak pada kualitas hasil belajar dan pemerataannya, guru dapat menjadi fasilitator yang menginspirasi dalam kegiatan belajar,” tuturnya.

 

Lanjutnya, kurikulum merdeka belajar memiliki beberapa keunggulan, yang pertama materi menjadi lebih sederhana, mendalam dan fokus pada materi yang esensial.  

Lalu keunggulan  kedua yakni lebih merdeka, dimana guru memiliki keleluasaan untuk mengajar sesuai tahap capaian dan perkembangan peserta didik. Sekolah juga memiliki wewenang untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan satuan pendidikan dan peserta didik.

Yang ketiga penerapan kurikulum ini bisa lebih relevan dan interaktif yang mana pembelajaran melalui kegiatan proyek yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk lebih aktif dan mengeksplorasi isu-isu actual, ujarnya.

Mantan Kabid Penmad ini juga menjelaskan hal-hal yang menjadi pokok-pokok kebijakan Merdeka Belajar, seperti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN) , Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Pokjawas Kota Palu, Pengawas Pembina MTsN 4,  Kamad dan seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan MTsN 4 Kota Palu. Acara sendiri berlangsung dari tanggal 5-6 November 2022, kegiatan ini dirangkaikan dengan penyusunan kinerja pegawai (SKP) dan penyusunan penilaian kinerja guru (PKG).

 

(Humas)

 

 

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex