- Kontributor
7 Februari 2023 0:0:0 563

Mengajar Materi Recount Text, Guru Bahasa Inggris MAN Biau Gunakan Media Poster

Ket: Guru Bahasa Inggris Suharni saat foto bersama siswa kelas X Agama A sesaat setelah kegiatan pembelajaran selesai


Buol (Humas MAN Biau) – Guru Bahasa Inggris kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Biau Suharni, mengajar materi Personal Recount Text di kelas X agama A menggunakan media poster, Selasa (07/02/2023).  Sebanyak 25 siswa di kelas ini mengikui kegiatan pembelajaran dengan penuh semangat meskipun sudah menjelang tengah hari.

Menurut Suharni, selaku guru pengajar mata pelajaran Bahasa Asing (Inggris) di madrasah, penting baginya untuk terus melakukan inovasi dalam setiap proses pembelajaran yang dilakukannya untuk mempermudah siswa dalam memahami dan mengaplikasikan ilmu yang diajarkan.

“Sesuai dengan program semester yang telah disusun sebelumnya, pada bulan Februari ini siswa di kelas X akan mempelajari materi Personal dan Historical Recount Text.  Tentunya pada materi ini para siswa akan membahas sejumlah teks panjang berjenis recount.  Nah, untuk menghindari perasaan jenuh siswa saat belajar materi ini, saya memutuskan untuk menggunakan media poster”, Ucap Suharni.

Media poster merupakan suatu bentuk gambar yang mengkombinasikan unsur-unsur visual seperi gambar, warna dan kata-kata dengan tujuan untuk menarik perhatian para pembacanya.  Melalui media ajar ini, diharapkan siswa akan lebih pro aktif lagi selama proses pembelajaran sehingga mereka akan mudah memahami materi yang diajarkan, pungkasnya. 

Suharni yang juga merupakan anggota Ikatan Guru Indonesia (IGI) daerah Buol ini, sebelumnya telah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) online tentang cara menggunakan aplikasi Canva For Education pada kanal Satu Guru Satu Buku Digital (Sagusatal).  Melalui ilmu yang didapatkan pada diklat ini, kemudian dikembangkan dan diaplikasikan saat membuat beberapa media ajar sebelum mengajar.  (SH-MAN Biau)

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex