Humas Kontributor
23 Juli 2024 17:0:0 386

Madrasah di Sulawesi Tengah Ikuti Uji Validasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) 2024

Ket: Monitoring pelaksanaan uji validasi AKMI di Sulteng


Palu (Kemenag Sulteng) - Kementerian Agama Republik Indonesia kembali melaksanakan Uji Validasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2024. Ada sembilan Madrasah yang akan mengikuti uji validasi pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah.

Adapun kesembilan madrasah tersebut adalah MAN 1 banggai, MAN Poso, MAN 1 Paringi, MIN 1 Poso, MIN 1 Kota Palu, MIN 2 Kota Palu, MTsN 1 Banggai, MTsN 2 Kota Palu, dan MTsN 4 Kota Palu.

Uji validasi ini terbagi menjadi dua periode yang dilaksanakan dalam rentang waktu 22 sampai dengan 25 Juli 2024. Dalam satu periode, madrasah terpilih melaksanakan asesmen selama dua hari. Dalam satu hari dilakukan asesmen untuk dua literasi. Hari pertama untuk literasi Bahasa dan literasi Numerasi, sedangkan untuk hari kedua adalah literasi Sains dan literasi Sosial Budaya.


Petugas monitoring dari Direktorat KSKK Madrasah, Chundasah, menyatakan bahwa nantinya hasil uji validasiatas soal-soal yang diberikan ke siswa akan dianalisis dan soal yang valid akan menjadi bank soal untuk pelaksanaan AKMI 2024.

“Hasil uji validitas ini akan dianlisis, selanjutnya soal-soal yang valid dan reliabel akan dimasukkan ke dalam bank soal untuk digunakan dalam proses pelaksanaan asesmen yang sebenarnya. Sedangkan soal yang tidak valid akan direvisi dan dilakukan uji validasi ulang,” Ungkap Chundasah, yang juga merupakan Kasubtim MI dan MTs Subdit Kurikulum dan Evaluasi.

Siti Maria Ulfa, yang juga petugas monitoring pelaksanaan uji validasi AKMI di Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Tengah menambahkan bahwa pelaksanaan uji validasi AKMI ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Agama untuk mengembangkan asesmen yang komprehensif guna mengetahui kelemahan dan kekuatan peserta didik madrasah di seluruh Indonesia.

 

Tags: Pendis

Editor: Humas
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex