- Kontributor
19 Maret 2023 0:0:0 134

Kampanye Mandatory Halal Kemenag Parigi digelar di Pasar Sentral Parigi dan Pasar Bolano

Ket:


Parigi (Kemenag Sulteng) - Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong menggelar Kampanye Mandatori Sertifikat Halal, bertempat di Pasar Sentral Tagunu Parigi, Sabtu 18 Maret 2023.

Kegiatan tersebut di hadiri Bupati Parigi Moutong yang diwakili oleh Kepala Bidang Usaha Kecil Menengah Dinas Koperasi Dan UKM Sulastri Sahibu, Kepala Seksi Bimas Islam Subhan Lapu, Ketua Majelis Ulama Indonesia H Sudirman Tjora, Perwakilan Polres Parimo, Kepala KUA kecamatan, Penyuluh Agama Islam.

Kepala bidang pengembangan UMKM Dinas Koperasi Sulastri Sahibu membuka kegiatan Kampanye Mandatori dengan membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qaumas yang menyatakan bahwa Sesuai amanat UU Nomor 33 tahun 2014 produk yang masuk, beredar dan diperdagangkan di Wilayah Republik Indonesia wajib bersertifikat halal, yang mana kewajiban bersertifikat halal ini merupakan komitmen pemerintah untuk memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan dan Kepastian ketersediaan produk halal bagi Masyarakat.

Hari ini akan menjadi awal bagi Indonesia dalam rangka mensukseskan Indonesia menjadi pusat industri halal dunia terlibat nya seluruh lapisan masyarakat di 1000 titik lokasi di Indonesia.

Kementerian agama menjadi contoh bagi percepatan program ini dengan mewajibkan sertifikasi halal seluruh produk dan kantin di lingkungan satuan kerja kementerian agama serta melakukan edukasi mendorong dan membantu para pelaku usaha yang memproduksi atau menjual produk di lingkungan kementerian agama.

Menyambut Ramadhan 1444 H Sulastri mengajak seluruh pelaku usaha untuk mendaftarkan sertifikasi halal produk makanan, minuman, jasa sembelihan dan hasil sembelihan, bahan baku, bahan tambahan pangan, dan bahan penolong untuk produk makanan dan minuman sebelum 17 Oktober 2024.

Jika sampai 17 Oktober 2024 belum bersertifikat halal maka dapat dikenakan sanksi sesuai peraturan UU yang berlaku.

Olehnya mari bersama-sama untuk wujudkan Indonesia menjadi produsen produk halal nomor 1 di dunia dengan slogan ‘Halal Indonesia untuk masyarakat dunia’, halal itu baik, halal itu sehat dan halal itu berkah.

Selanjutnya mewakili Pemerintah daerah kabupaten Parigi Moutong Sulastri menyatakan kepada para pelaku usaha kecil dan menengah bahwa label halal itu penting karena akan menjadi jaminan serti keamanan produk saat memasarkannya.

Sementara itu Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag kabupaten Parigi Subhan Lapu mengatakan kegiatan sosialisasi atau kampanye Mandatori Sertifikat produk halal dilaksanakan di dua titik lokasi, yakni lokasi pertama di pasar Sentral Tagunu dan Tilok 2 di Pasar Bolano Lambunu.

Kita berharap semoga dengan kegiatan tersebut para pelaku usaha dapat mendaftarkan produknya baik'itu olahan Makanan dan Minuman ataupun sembelihan untuk mendapatkan sertifikat Halal.

Subhan juga menyampaikan pada kampanye ini telah terdaftar usaha olahan Rempeyek milik salah seorang ibu rumah tangga yang bernama Masita, melalui Penekanan Tombol Submit data ke Aplikasi SiHalal secara serentak di seluruh Indonesia.(Ahdal)

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex