Sri Afrianty Kontributor
16 Oktober 2024 9:13:0 283

Siswa MTs Negeri 1 Buol Raih Juara Lomba Pekan Budaya Daerah

Ket: Foto bersama Bapak Aqil Budiaji, S.Pd, Bapak Sumardi S.Pd dan Siswi Pemenang Lomba


MTsN 1 Buol (Kemenag Sulteng),-Siswa MTsN 1 Buol meraih juara lomba Pekan Budaya Daerah festival pelajar Buol Mopani, yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buol.

Acara tahunan ini dimulai tanggal 29 September sampai dengan 5 Oktober 2024 bertempat di halaman Kantor Bupati Buol. Pada kegiatan ini panitia penyelenggara mengadakan beberapa kegiatan berkaitan dengan kebudayaan daerah. Mulai dari pagelaran seni dan lomba-lomba seni budaya serta lomba olahraga tradisional dari tingkat TK sampai SMA se-Kabupaten Buol

Pada gelaran kali ini, MTsN 1 Buol mengutus siswa-siswi mengikuti beberapa lomba yaitu hadang, lagu daerah solo putri dan tari kreasi. Masing-masing lomba diadakan pada waktu yang berbeda. Lomba hadang dilaksanakan pada pagi hari. Sedangkan lomba lagu solo putri dan tari kreasi pada malam hari.

Lomba hadang dilakukan secara grup yang terdiri dari 8 orang. 5 orang pemain inti dan 3 orang pemain cadangan. Pada babak pertama MTsN 1 Buol unggul 40 poin dan berhasil masuk 10 besar melawan SMP 2 Bokat. Namun pada pertandingan kedua ini MTsN 1 Buol gugur masuk 5 besar karena gagal menyalip poin sekolah lawan.

 

Penampilan Nurul Syifa

Sementara itu pada lomba tari kreasi dibawah bimbingan Sumardi selaku guru SBK, menampilkan tari yang diberi nama Tradisi Momasang Togo. Tari ini menggambarkan tradisi tiga hari menjelang idul fitri yang biasanya dilakukan masyarakat desa Paleleh. Adapun penarinya merupakan siswi dari kelas VIII F bernama Alya Fahra, Siti Fadilah dan Gresyah Adelia. Lomba solo putri dibawakan oleh Nurul Syifa kelas VIII A dengan lagu daerah Lribubog yang memiliki arti pelangi. Pada malam penutupan yang dilaksanakan tanggal 5 Oktober MTsN 1 Buol mendapatkan 2 kemenangan. Tari kreasi juara 3 dan solo putri juara 1.

Peserta Tari Kreasi Momasang Togo

 

“Saya sangat bangga dengan prestasi yang anak-anak dapatkan. Dengan prestasi ini menandakan bahwa madrasah juga dapat unggul dibidang seni. Dan tidak lupa juga saya ucapkan terimakasih kepada Bapak/Ibu guru serta orangtua siswa atas segala bantuan dan dukungan yang luar biasa terhadap anak-anak yang mengikuti lomba” ungkap Aqil Budiaji selaku kepala Madrasah.(16/10/2024).

Semoga dengan prestasi ini menjadikan motivasi kepada  kita semua untuk terus meraih hasil yang terbaik  dalam lomba lomba kedepannya, tandasnya.
 

 

Tags: Prestasi

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: Sri Afrianty

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex