- Kontributor
9 Juni 2020 0:0:0 500

Kemenag Banggai Serahkan Buku Manasik dan Souvenir Haji

Ket:


Luwuk (Kemenag Sulteng) - Jadikanlah sabar sebagai kendaraan hidupmu, dan jadikan takwa sebagai bekal kematianmu. Demikian dikatakan Kepala Kantor Kemenag Kab. Banggai H Firmansyah, mengawali sambutannya dalam kegiatan penyerahan buku manasik haji dan souvenir haji dari Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Luwuk sekaligus Sosialisasi KMA No. 494 Tahun 2020, Senin, 8 Juni 2020.

Menurut H Firman, bahwa persebaran pandemi Covid-19 yang sangat cepat, bisa berdampak buruk, sehingga pemberangkatan haji tertunda. Keimanan dan kesabaran harus menjadi pondasi dalam bersikap sebagai hamba, untuk memaknai perjalanan ibadah, terutama ibadah haji yang khusyuk.

Berangkat ke tanah suci ada campur tangan Allah SWT, jadi apapun yang terjadi semua atas izin Allah SWT, dan harus kita pasrahkan kepada-Nya.“Inilah maknanya, Hajikanlah dirimu sebelum engkau berhaji,” tegasnya.

Penyerahan Buku manasik haji dan souvenir haji tersebut dilakukan berdasarkan zona, mengingat luasnya wilayah Kabupaten Banggai. Namun, dari 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Banggai, tiga kecamatan tidak memiliki jemaah haji, yakni Kecamatan  Lobu, Mantoh, dan Balantak Utara. 

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) H Suardi Kandjai dan Pimpinan BSM Cabang Luwuk turut menyerahkan buku tersebut kepada jemaah haji di Kecamatan Luwuk Utara, Luwuk selatan, dan Luwuk yang menjadi zona terakhir.

Usai Kegiatan, Kasi PHU berharap agar 207 jemaah haji dan seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Banggai memahami KMA No. 494 Tahun 2020 tentang pembatalan keberangkatan Jemaah Haji Tahun 1441 H/ 2020 M.

Menurutnya sosialisasi KMA ini diharapkan tidak ada lagi tafsiran lain, tertundanya keberangkatan semata-mata sebagai pertimbangan keselamatan dan kenyamanan dalam beribadah. (Abduh)

Editor: Lilis

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex