- Kontributor
9 September 2022 0:0:0 135

Kakankemenag Kota Palu, Hadiri Pelantikan Pengurus IPIM Kota Palu Masa Khidmat 2022-2027

Ket: Kakankemenag Kota Palu saat memberikan sambutan pada pelantikan Pimpinan Daerah IPIM Kota Palu masa Khidmat 2022-2027


Palu (Kemenag Sulteng) -- Pelantikan Pengurus Pimpinan Daerah Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Kota Palu masa khidmat 2022-2027 dapat terlaksana karena dukungan dari Pemerintah Kota Palu dan berbagai pihak. Hal ini diungkapkan ketua panitia pelaksana saat menyampaikan laporan pada pelaksanaan pelantikan pengurus IPIM Kota Palu, di Santika Hotel Palu, Jumat (9/9/2022).

Kakankemenag Kota Palu, H. Nasruddin L. Midu, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada pengurus pimpinan daerah Ittihad persaudaraan imam masjid (IPIM) Kota palu masa Khidmat 2022-2027 yang baru dilantik, semoga pengukuhan ini para pengurus dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, memberikan pembinaan keagamaan untuk kemaslahatan masyarakat.

Kakankemenag, mengimbau kepada seluruh imam-imam dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) agar mendaftarkan masjidnya di Kementerian Agama Kota Palu melalui aplikasi Sistem Informasi Masjid (SIMAS) untuk memudahkan akses publik dan terintegrasi masjid dengan Kementerian Agama, dan kepada pengurus Masjid dapat memastikan bahwa masjid yang dikelola terdaftar pada SIMAS Kementerian Agama, ungkap Kakankemenag.

Selain itu Nasruddin mengungkapkan agar para imam, dengan adanya IPIM, maka harus menjadi prioritas dalam memakmurkan masjid-masjid yang ada saat ini. Ia juga menyampaikan bahwa aspek idarah, imarah dan riayah yang diperhatikan, terutama sekali aspek imarah dalam rangka kemakmuran masjid, melakukan pembinaan, pendidikan dan dakwah untuk peningkatan SDM, memeriahkan masjid-masjid dengan berbagai kegiatan termasuk peringatan hari-hari besar Islam (PHBI).

“Semoga dengan hadirnya IPIM di Kota Palu dapat memberikan manfaat, melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk membina dan memberdayakan kualitas sumber daya manusia, pengelolaan masjid, membentuk kepribadian, moral, bagi kemaslahatan masyarakat Kota Palu,” tandas Nasruddin.

Kesempatan yang sama, dalam mengawali sambutan Walikota Palu Hadianto Rasyid, atas nama pemerintah Kota Palu mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus pimpinan daerah Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Kota palu masa khidmat 2022-2027.

Menurutnya, Imam adalah panutan di masyarakat, baik urusan keagamaan maupun urusan kemasyarakatan, Imam mempunyai tugas memberikan teladan pada masyarakat untuk memakmurkan, memotivasi dan mengaktifkan masjid dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah swt, tutur Hadianto.

Selain itu, kata Hadianto, selaku walikota tentunya berkomitmen dan bertanggung jawab serta meningkatkan dukungan terhadap kegiatan Ikatan Persaudaraan Imam Masjid Kota Palu, dalam rangka peningkatan kualitas dan kuantitas pengalaman ibadah umat Islam di Kota Palu, dalam upaya mewujudkan visi dan misi pemerintah Kota, juga mewujudkan Palu religi, Palu mantap beriman dan Palu bergerak bersama menuju Palu Adipura.

“Dalam konteks kekinian masjid merupakan wadah yang paling strategis dalam membina dan mewujudkan SDM yang Tangguh dan berkualitas, eksistensi masjid kini dihadapkan pada berbagai perubahan dan tantangan yang terus bergulir dikalangan masyarakat,” ungkap Hadianto.

Saya berharap wadah organisasi IPIM dapat dijadikan sebagai sarana peningkatan kualitas sumber daya Imam, wadah silaturrahim antar para imam dengan pemerintah dan ulama, sekaligus mendukung program pemerintah dalam upaya peningkatan kualitas umat, demi tercapainya Palu religi yang berlandaskan kearifan lokal,” tambahnya.

Pemerintah Kota Palu tahun ini, telah memprogramkan pembinaan tentang tugas dan fungsi sebagai imam, manajemen masjid dengan baik dan memberikan pemahaman Islam Rahmatan lil Alamin. “Sejalan dengan itu bagi pengurus yang baru dilantik, saya mengharapkan agar benar-benar mampu menerjemahkan berbagai aspirasi yang berkembang serta dapat memberikan jalan keluar dari berbagai kendala dan permasalahan khususnya di bidang Pendidikan spiritual dan pemberdayaan masjid,” ujarnya.

"Demikian halnya rumusan program kerjanya, sedapat mungkin mampu diterjemahkan dan disinergikan dengan program Pemerintah Kota, dengan maksud agar terbangun hubungan kerja yang saling mendukung, sehingga kekuatan merealisasikan program tersebut, bisa maksimal, maka sepantasnyalah mulai sekarang ini harus mempersiapkan diri, sehingga apa yang dikerjakan dalam mengisi pembangunan di Kota Palu benar-benar terimplementasi sesuai visi dan misi Pemerintah Kota Palu,” pungkasnya.

Penulis: Kasman

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex