- Kontributor
8 Juni 2022 0:0:0 204

Kepala MTs Negeri 1 Tolitoli Hadiri Launching Kamus dan Buku Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Dondo

Ket: Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya Menyampaikan Sambutan pada acara Launching Kamus dan Buku Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Dondo di Gedung Serba Guna Desa Tinabogan Kecamatan Dondo.08/06/2022


Tolitoli ( MTsN 1 Tolitoli ) -, Bertempat di Gedung Serbaguna Desa Tinabogan, Kepala MTs Negeri 1 Tolitoli, Ayub yang didampingi Kaur TU Yusran menghadiri kegiatan Launching Kamus dan Buku pembelajaran muatan lokal bahasa Dondo.(9/6)

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya yang akan melaunching kamus dan buku pembelajaran bahasa Dondo, yang didampingi oleh unsur muspika, Kepala Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tolitoli dan sejumlah anggota DPRD  Kabupaten Tolitoli. Selain itu camat dari 4 wilayah, Ogodeide, Lampasio, Basidondo dan Dondo turut serta bersama para tokoh adat dondo dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya Amran.Hi Yahya sebelum melaunching kamus dan kamus bahasa Dondo menyampaikan, bahwa salah satu Visi dari pemerintah Daerah kabupaten Tolitoli adalan menumbuh kembangkan Kerifan lokal yang ada dikabupaten Tolitoli, bahasa Dondo adalah salah satu Bahasa asli dari penduduk Tolitoli yang harus di pertahankan dan dikembangkan, dan hari ini kita akan sama sama buktikan apa yang menjadi visi kami ini dengan dilaunchingnya Kamus dan Buku pembelajaran bahasa Dondo menjadi bagian dari pemebelajaran bagi para siswa di Sekolah dan di Madrasah.

Amran Hi Yahya juga berpesan kepada masyarakat Tolitoli agar sama sama mendukung program ini, mulai dari masyarakat umum, dari tokoh pendidik ,tokoh adat dan unsur pemerintah .

Sebelumnya tim penyusun kamus dan Buku pembelajaran yang terdiri dari tokoh adat dondo, pemuka dan tokoh pendidik telah menyampaikan bahwa sampai saat ini jumlah kosa kata bahasa Dondo yang terkumpul sejumlah 12 ribu kosa kata. Kemudian untuk pembelajaran awal dimulai dari jenjang Sekolah Dasar kelas 4 dan dimulai di tahun pelajaran 2022/2023.

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex