- Kontributor
21 Oktober 2023 0:0:0 146

Kakanwil Kemenag Ulyas: Program Kemandirian Pesantren Mendukung Ponpes Berkembang dan Maju

Ket:


Palu (Kemenag Sulteng),-Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil) Provinsi Sulawesi Tengah kerjasama dengan UIN Datokarama Palu melaksanakan Expo Kemandirian Pondok Pesantren dalam rangka memperingati Hari Santri yang dilaksanakan setiap Tanggal 22 Oktober setiap tahunnya. Tema hari Santri tahun 2023 bertemakan “Jihad Santri Jayakan Negeri.” 

Pembukaan pelaksanaan expo kemandirian pesantren ditandai dengan pelepasan balon oleh Rektor UIN Datokarama Palu disaksikan Kakanwil Kemenag Sulteng beserta tamu undangan lainnya.(21/10).

Dalam sambutannya Kakanwil Kemenag Sulteng Ulyas Taha, menyatakan mendukung sepenuhnya program Kementerian Agama terkait kemandirian Pondok Pesantren yakni mendidik Pesantren menjadi mandiri dan dapat berwirausaha.

Dengan adanya program kemandirian pesantren ini dapat mendukung pondok pesantren untuk bisa berkembang dan maju pada sisi perekonomian. Menurutnya pelaksanaan expo kemandirian pesantren memberikan gambaran bahwa sasaran bantuan inkubasi bisnis dari Kementerian Agama memberikan dampak nyata bagi kemandirian pesantren.

"Saya selaku Kakanwil Kemenag Sulteng memberikan apresiasi kepada seluruh peserta expo kemandirian Pondok Pesantren yang telah ikut berpartisipasi dalam menyemarakkan peringatan  Hari Santri Tahun 2023," tutur Ulyas.

Program kemandirian pesantren kata Ulyas Taha, merupakan program prioritas Kementerian Agama yang di cetuskan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sejak tahun 2021, yang bertujuan agar Pesantren dapat menjalankan fungsi pendidikan, dakwah dan pemberdayaan masyarakat secara optimal.

Olehnya, Kementerian Agama membuka ruang dalam mewujudkan kemandirian pesantren dengan memberikan bantuan inkubasi bisnis sesuai potensi sumber daya manusia dalam bidang bisnis, pertanian, peternakan atau jasa lainnya, ujarnya.

Dengan dilaksanakanya kemandirian pesantren expo ini menjadi bagian dari langkah strategis guna meningkatkan kemandirian pesantren dan penguatan ekonomi masyarakat. Menurutnya pesantren tidak hanya memberikan ilmu agama, tapi membentuk akhlak dan karakter pada anak, pungkasnya.

Pelaksanaan expo kemandirian pondok pesantren dalam rangka peringatan Hari Santri 2023 dilaksanakan bertempat di UIN Datokarama Palu jalan Ponegoro yang berlangsung mulai tanggal 21 sampai dengan 22 Oktober 2023.

Kegiatan Expo Kemandirian Pondok Pesantren diikuti sebanyak 25 Pondok Pesantren se Sulawesi Tengah. Hadir dalam acara Rektor UIN Datokarama Palu bersama jajarannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Donggala, Pimpinan Pondok Pesantren se Sulawesi Tengah serta seluruh Santri.

Usai acara pembukaan expo, Kakanwil Kemenag Sulteng, Rektor UIN Palu bersama rombongan melakukan kunjungan pada setiap stand pameran para santri yang telah di sediakan.

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex