iis sugianti Kontributor
8 Juli 2024 9:7:0 223

Penyambutan Jemaah Haji Kabupaten Banggai Kepulauan

Ket: Suasana Haru Penyambutan Jemaah Haji


Banggai Kepulauan (Kemenag Sulteng) - Penyambutan rombongan jemaah haji Kabupaten Banggai Kepulauan tahun 1445 H/ 2024 M berlangsung dengan khidmat di Masjid Nur Hidayah Pemda pada Minggu malam, 7 Juli 2024.

Dari total 43 orang jemaah haji yang berangkat, sebanyak 41 orang kembali dengan selamat ke Banggai Kepulauan. Dua orang jemaah dinyatakan wafat; satu orang meninggal di rumah sakit Arab Saudi dan satu orang di rumah sakit Balikpapan.

Sekretaris Daerah, Rusli Moidadi, yang mewakili jemaah haji, menyampaikan kesan selama perjalanan ibadah haji. Menurutnya, dari segi transportasi dan akomodasi, semua kebutuhan jemaah haji telah terpenuhi dengan baik. Konsumsi diberikan tiga kali sehari, termasuk buah-buahan dan air zam-zam. Seluruh makanan dimasak oleh orang Indonesia, sehingga jemaah tidak mengalami kendala terkait makanan.

Rusli Moidadi saat menyamapikan kesan selama perjalanan ibadah haji

Fasilitas kesehatan juga sangat diperhatikan. Setiap kloter dilengkapi dengan satu dokter dan dua perawat untuk memastikan kesehatan jemaah. Jemaah haji Kabupaten Banggai Kepulauan tergabung dalam Kloter BPN-08 mendapat tenda paling depan selama di Arafah. Seluruh fasilitas di dalam tenda disediakan, termasuk ketersediaan air yang mencukupi.

Kakankemenag Bangkep, H. Sofyan Arsyad, saat memberikan sambutannya

Di sisi lain, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Kepulauan, Sofyan Arsyad, dalam sambutannya mengajak para jemaah haji untuk menjaga haji mabrurnya dengan terus beribadah secara rutin dan menjalankan amalan meskipun bukan di tanah suci lagi.

Acara penyambutan diakhiri dengan penyerahan jemaah haji kepada keluarga oleh Bupati Banggai Kepulauan yang diwakili oleh Plh. Sekretaris Daerah, Aris Susanto. Penyerahan ini menjadi momen haru bagi para keluarga yang telah menanti kepulangan jemaah haji.

Tags: Haji

Editor: -
Fotografer: iis sugianti

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex