kemenagparigi H. Mohamad Ahdal, S. Fil. I Kontributor
19 Mei 2024 18:0:0 182

Kemenag Parimo Laksanakan Visitasi PAI Award 2024

Ket: Kemenag Parimo Laksanakan Visitasi PAI Award 2024


Parimo (Kemenag Sulteng) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam melaksanakan Pembinaan Penyuluh Agama Islam dengan tajuk Visitasi PAI Award 2024 tingkat Kabupaten  Parigi Moutong, kamis, 16 Mei 2024 di Ruang Laboratorium Pondok Pesantren Al-Hikmah Kotanagaya kecamatan Bolano Lambunu.

Hadir sebagai Tim Visitasi Penyuluh Agama Islam PAI Award 2024 Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Parigi Moutong H As'at Latopada sebagai Ketua, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Darsono, Ketua Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI) kabupaten Parigi Moutong Umi Masruroh, Kepala Kantor Urusan Agama kecamatan Bolano Lambunu H Hamzah.

Kepala KanKemenag Parimo menyampaikan kegiatan Pemilihan PAI Award tahun 2024 ini merujuk pada tema sentral "Transformasi PAI dalam mewujudkan Indonesia Emas 2025.

Adapun di Tahun 2024 ini, Pimpinan Pondok Pesantren Yayasan Al-Hikmah KotaNagaya Ustad Ahmad Wargono,  selaku Penyuluh Agama Islam PAI Non PNS pada Kantor KUA Kecamatan Bolano Lambunu, terpilih sebagai perwakilan kabupaten Parigi Moutong pada ajang yang dimaksud.

Sebagai Ketua Tim pada Visitasi PAI Award 2024 tingkat Kabupaten Parigi Moutong, menguraikan beberapa hal terkait tugas utama penyuluh agama adalah yang paling penting saat ini tentang ancaman berbagai Ideologi global yang semakin tidak terbendung, yang akan berdampak pada kompleksitas kehidupan sosial keagamaan dan sosial kebudayaan masyarakat,.

Sehingga dibutuhkan peran dan respon cepat dari para penyuluh Agama Islam, untuk menyampaikan pesan-pesan keagamaan dengan pendekatan (approach) kreatif,  bermutu dan produktif. Mantan Kepala Kankemenag Morowali tersebut mengatakan dalam menangkal paham radikalisme terhadap pemahaman keagamaan di masyarakat, seorang penyuluh agama harus memiliki pemahaman moderasi beragama yang sangat baik untuk  mewujudkan Indonesia Emas pada Tahun 2025.

Sementara itu Ketua Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia Kabupaten Parigi Moutong Umi Masruroh, mengatakan bahwa seorang Penyuluh Agama Islam yang bertugas melakukan serta mengembangkan kegiatan bimbingan dan penyuluhan Agama Islam dan pembangunan melalui bahasa Agama,

Selain itu, harus menjalankan empat fungsi utamanya yaitu informatif edukatif, konsultatif, advokatif dan administratif. Umi Masruroh merupakan salah satu penyuluh agama senior dan telah banyak mengukir prestasi di bidang kepenyuluhan baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional. 

Untuk kegiatan Visitasi PAI Award 2024 dilakukan dengan beberapa fase penilaian,  antara lain Portopolio yang berhubungan dengan kegiatan program kepenyuluhan, vidio pendek dan Karya Tulis Ilmiah. 

Peserta terpilih Ahmad Wargono telah menyusun KTI dengan mengambil judul Peningkatan Literasi Al Qur'an di Ponpes al Hikmah, ungkapnya.

Dari tempat yang sama Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Darsono menjelaskan pada kunjungan kerja Bapak Kepala Kantor Kemenag kabupaten Parigi Moutong H. As'ad Latopada ke daerah utara, ada beberapa agenda kegiatan yakni  sebagai ketua Tim pada Visitasi PAI Award 2024 Kab. Parigi Moutong, Menghadiri Tasyakuran dan Penamatan Peserta Didik di Pondok Pesantren Yayasan Al-Hikmah KotaNagaya, juga mengunjugi  Kantor Urusan Agama kecamatan Palasa terkait rencana pembebasan lahan Kantor KUA tersebut. (Ancha/Ahdal)

 

 

Tags: Penyuluh

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex