- Kontributor
13 Oktober 2023 0:0:0 55

MIN 3 Parigi Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H

Ket:


Parigi (kemenag sulteng) - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Parigi merayakan momen bersejarah dalam Agama Islam yakni peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan semangat dan kekhusyukan. 

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala desa Tinombala Barat, Ketua Komite MIN 3 Parigi, Imam desa Tinombala Barat, bersama dengan dewan guru dan para siswa pada Rabu 11 Oktober 2023.

Kepala MIN 3 Parigi Usbhir, menyampaikan Peringatan Maulid Nabi Muhammad Shallahu Alaihi Wassalam (SAW) ini merupakan wujud kecintaan dan penghormatan kepada Baginda Rasulullah SAW. Adapun tema yang diusung, Meneladani Akhlak Nabi sebagai Landasan Persaudaraan dan Anti Bullying, yang mencerminkan nilai-nilai kebaikan budi pekerti selama hidupnya.

Usbir mengharapkan melalui momen peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, siswa-siswa MIN 3 Parigi dapat meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW, seperti saling menyayangi antar sesama dan menghindari perilaku Bullying

"Saat ini kita banyak melihat di media maraknya praktek membulli antara sesama siswa, dan itu salah satu perilaku yang tidak baik," ujarnya dihadapan para siswa.

"Kami ingin menanamkan pada seluruh siswa bahwa mencintai Rasulullah SAW harus kita wujudkan melalui perilaku yang baik dan berakhlak mulia khususnya di lingkungan madrasah, Sikap yang baik itu harus di miliki siapkan untuk berkarya di masa depan," tutur Usbhir.

Sementara itu, Pengawas Madrasah Yakub yang bertindak sebagai pembawa hikmah mengatakan sejarah hidup Nabi Muhammad SAW adalah pedoman yang sempurna bagi umat manusia. Yakub mengisahkan sejarah hidup dan perilaku Nabi Muhammad SAW, dari sebelum kelahiran hingga wafatnya. Nabi Muhammad dikenal sangat jujur dan amanah dalam aktivitas hidupnya.

Muhammad Rasulullah SAW adalah Rahmat bagi seluruh isi alam. Olehnya Rasulullah sangat penyayang terhadap sesama, baik itu kepada keluarga, sahabat bahkan musuhnya sekalipun. Ini semua pembelajaran yang penting untuk menjadi inspirasi dalam menjalani kehidupan sehari-hari, jelasnya.

Para Tamu undangan yang hadir dalam acara ini juga memberikan dukungan dan apresiasi terhadap upaya MIN 3 Parigi dalam membentuk generasi muda yang memiliki moral yang kuat dan penuh kasih sayang. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi momen penting untuk memupuk nilai-nilai kebaikan dan persaudaraan dalam hati para siswa. 

"Semoga generasi muda yang terinspirasi oleh ajaran Nabi Muhammad SAW ini dapat menjadi pemimpin masa depan yang berakhlak mulia dan mampu menjauhkan diri dari perilaku bullying," tutupnya. (khoirul)

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex